Arum Silviani

Sweet Corn and Mushroom Cream Soup Recipee

Setelah kurang lebih lima tahun lamanya, saya baru masak Cream Soup lagi. Nggak tahu kenapa males banget masaknya. Sampai-sampai keluarga saya juga beberapa kali menanyakan keberadaan Sup ini. Saya malas masaknya mungkin karena cerita di balik sup ini kali ya…

Cream Soup biasanya dikonsumsi saat musim dingin atau musim hujan, karena berfungsi menghangatkan tubuh. Rasanya yang lezat juga memberikan kesan hangat dan rasa cinta juga nuansa kekeluargaan yang kental. Deuh…filosofis pisan ya?
Tapi karena hal itulah, Cream Soup harus dinikmati bersama-sama keluarga, teman, sahabat, atau orang-orang yang dicintai. Kenapa? Ya itu tadi, efeknya yang kasih kehangatan buat yang menikmatinya harus dibagi bersama dong…
Anyway, sekarang lagi musim panas, sekalipun itu di Bandung. Tapi karena sohib saya, baca : Fitriani Tobing lagi pengen banget nyoba masakan yang satu ini, saya pun membuatnya. Meskipun nggak dengan bumbu yang lengkap. Seadanya saja ala anak kost.

Bahan :
250 gram jagung manis
200 gram jamur (bebas menggunakan jamur apa saja selain jamur kuping). Saya sendiri menggunakan jamur merang. Cincang halus.
1 sdm terigu.
1 sdm margarin untuk menumis (biasanya saya menggunakan Blue Band/Filma)
800 ml air

Bumbu :
5 siung bawang putih
1/2 sdm merica (Saya menggunakan Lada putih dari Belitung yang rasanya lebih pedas daripada lada biasa) jadi kalau mau, bisa ditambahkan sesuai selera.
1/2 sdm kaldu bubuk (Saya pakai Royco rasa sapi). Seharusnya sih menggunakan kaldu asli, tapi berhubung persediaan terbatas, pakai saja apa yang ada.
1 siung bawang bombay.
1/2 sdm garam.

Cara memasak :
Haluskan bawang putih, merica, dan garam.
Cincang halus bawang bombay.
Panaskan margarin, lalu masukkan bawang bombay dan bumbu yang sudah dihaluskan.
Tumis hingga bawang bombay layu dan harum.Kecilkan api.
Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.
Masukkan air, lalu aduk hingga terigu tercampur rata dan tidak menggumpal.
Masukkan Jagung manis dan Jamur, aduk terus hingga air mendidih dan sup mengental. Baru kemudian masukkan kaldu bubuk. Aduk hingga rata, kemudian angkat.

Sweet Corn and Mushroom Cream Soup by Arum’s Kitchen

Sajikan panas.
*Untuk 4 Porsi

Kalau mau, anda bisa melengkapinya dengan Bruschetta. Berbahan Kue Perancis kering yang diiris, diolesi selai bawang putih dan peterseli cincang, lalu dipanggang sebentar dalam oven toaster.

Selamat Mencoba kehangatan Sweet Corn and Mushroom Cream Soup from Arum’s Kitchen. Hope you enjoy it.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.