Arum Silviani

Resep Lemongrass, herbs and spices beverage, minuman tradisional yang menyehatkan

Resep minuman tradisional bikin langsing memang selalu diburu, khususnya untuk kaum wanita. Kali ini saya akan membuat lemongrass and herbs beverage, ramuan menyehatkan dan berkhasiat yang berbahan dasar rempah Indonesia. Saya membuat ini diilhami oleh negeri kita yang kaya akan rempah, sampai-sampai kalau sakit pun nggak perlu harus ke dokter. Cukup masuk dapur, dan lihat apa saja yang bisa dimanfaatkan.

Bahan-bahan yang digunakan

2 batang sereh, memarkan
Satu ruas Jahe, memarkan
4 cm Kayumanis
5 butir cengkeh
6 sdm Madu
1 buah jeruk lemon lokal, ambil sarinya.
1 buah gula merah, iris tipis.
Gula batu sesuai selera
4 cangkir air (sekitar 600ml)

Cara membuat :

Panaskan air, masukkan Sereh, Jahe, Kayumanis, dan cengkeh, lalu tunggu hingga mendidih. Setelahnya masukkan gula merah, gula batu, dan sari lemon. Aduk hingga semua bahan merata, tunggu 3 menit, angkat.
Masukkan ke dalam gelas/cangkir. Setelah itu baru masukkan madu.
Jangan gunakan sendok berbahan besi, logam, aluminium atau stainless untuk mengaduk madu ya…karena ketika madu bertemu dengan logam, maka akan menimbulkan reaksi kimia sehingga menghasilkan senyawa beracun. Terus juga, kalau kita mencampur madu dengan air, sebaiknya menggunakan air hangat seperti yang telah diajarkan Rasulullah SAW, disarankan juga air madu tersebut langsung dihabiskan, jangan disimpan atau dinanti-nanti minumnya.

Hasil Resep minuman tradisional bikin langsing

Lemongrass and herbs

 

Rasanya enak banget kalau buat saya. Apalagi dikonsumsi saat musim hujan begini. Selain menghangatkan, juga menyembuhkan migrain. Bahan-bahan yang digunakan pun alami dan sudah terbukti banyak khasiatnya.

Khasiat Bahan Utama Minuman Berkhasiat:

Pertama sereh. Tumbuhan yang mudah ditemukan di sekitar kita ini bermanfaat untuk kesehatan seperti dapat membantu  mengurangi gangguan lambung, insomnia, gangguan pernafasan, demam, nyeri, infeksi, rematik dan edema. Pertahanan Antioksidan ramuan sereh akan membantu untuk mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat dan sistem kekebalan tubuh. Sereh juga efektif dalam mengobati diabetes tipe 2, kanker, obesitas dan membantu detoksifikasi. Hal ini banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu untuk mengurangi kelelahan, kecemasan dan bau badan. sumber (http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-sereh-untuk-kesehatan-790.html).

Jahe, bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, menghilangkan migrain, masuk angin, dan menghangatkan badan. Cengkeh sendiri bermanfaat untuk anti inflamasi, mengurangi peradangan, menghilangkan rasa nyeri. Sedangkan madu dan kayumanis berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buat yang flu juga bisa mencampurkan kayumanis dan madu ini. Saya menambahkan lemon di dalamnya untuk kasih rasa biar enak dan menyegarkan. Tapi lemon juga kaya manfaat kok. Salah satunya untuk detoksifikasi dan vitamin C.

Nggak perlu harus obat kimia kan? Kita bisa membuatnya di rumah. Bahannya mudah didapat, murah pula.
Selamat mencoba…

 

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.