Arum Silviani
Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Tetap Glowing Saat Musim Panas dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Halo pengunjung Rumah Arum, apa kabar kalian semua? Masih di nuansa Idul fitri, saya mengucapkan Selamat Idul Fitri bagi teman-teman yang merayakan, dan juga mohon maaf lahir dan batin untuk semuanya. Kali ini, saya mau review produk lokal lagi dari Scarlett Guys. Tepatnya dua produk face carenya yang berbentuk masker, yaitu Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Saya sendiri baru berani review setelah beberapa kali pemakaian, biar penilaian saya nggak bias.

Seperti biasa, saya akan kasih ke kalian review jujur. Apakah produk ini pantas atau tidak untuk kalian beli, worth-it atau tidak dengan harganya, dan apakah produk ini layak bersanding di jajaran face care kesayangan di meja kalian. Yuk satu-satu kita bahas.

Berkenalan dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Pertama kali liat kemasan kedua produk ini, saya langsung suka. Ringan, dan ukurannya pas 100g. Nggak kebanyakan, nggak terlalu sedikit juga. Pas banget kalau buat saya bawa traveling. Nggak harus saya pindahin dulu ke wadah yang kecil demi bisa masuk ransel biru saya.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
kemasan bagian dalam

Bahannya dari plastik, tapi aman, nggak bikin produknya tumpah-tumpah. Di dalamnya ada scoopnya buat ngambil produk. Terus desainnya, baik labeling dan juga kemasannya cakep, nggak berisik. Elegan gitu, dengan perpaduan warna yang pas juga. Menggambarkan isi produk di dalamnya. Jadi nggak kayak produk murahan yang segala warna ditempelin ke kemasannya gitu aja.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Saat saya buka tutupnya, tampaklah ini. Gel berwarna hijau yang bentuknya seperti lumpur. Clay mask lah ya bahasa kerennya. Kandungannya sendiri terdiri atas Mugwort Extract, Vitamin C, Glutathione, Niacinamide, Bamboo Charcoal, Allantoin, Chlorophyllin, dan green tea powder.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Isi mugwort mask

Oke, selain Mugwort Extract dan Bamboo Charcoal, kayaknya kalian sudah cukup familiar ya dengan kandungan Scarlett Herbalism Mugwort Mask.

Waktu baru baca “Mugwort” di kemasan masker ini, saya tuh langsung inget masakan Korea yang suka dibikin sama Chef Baek Jong Won dan Maangchi. Kalian para penggemar K-food pasti nggak asing nih dengan kedua chef itu dan dengan Mugwort.

Cuma, saya tuh nggak nyangka aja, mugwort yang biasanya buat bikin tteok, pancake, jamu herbal (Korea: Hanyak), atau campuran sup Ikan di masakan Korea, eh sekarang dijadiin masker sama Scarlett. Nggak salah nih???

Akhirnya saya cari tahu deh Mugwort itu apa, dan apa sih manfaat Mugwort ini buat kulit kita?

Arum’s Encyclopedia about Mugwort and it’s Benefit:

Mugwort/Ssuk dalam bahasa Korea, biasanya digunakan buat bumbu sup atau pancakes. Biasanya di musim semi, para orang tua yang tinggal di desa, turun ke kebun atau hutan untuk mengumpulkan mugwort ini. Kayak mbah-mbah di Jawa yang suka panen kunyit atau jahe di kebun gitu guys.

Ternyata menurut jurnal kesehatan yang ditulis oleh Deb Jackson (1999-2005), Mugwort sudah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat alternatif, baik untuk obat luar maupun diminum/dimakan. Karena mugwort mengandung bahan anti-inflamasi dan antiseptik alami. Selain itu, mugwort juga dapat menenangkan kulit, juga mengatasi kulit kering dan berjerawat.

Baru tahu deh ternyata, Mugwort juga bisa dijadikan bahan untuk perawatan kulit, terutama kulit yang berjerawat karena sifatnya yang anti inflamasi. Bentuk aslinya kayak gini nih guys.

Mugwort
Tanaman Mugwort

Manfaat Bamboo Charcoal

Bamboo Charcoal sendiri sudah banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Manfaatnya bisa untuk menyerap toksin, bakteri, dan partikel berbahaya di kulit kita. Selain itu, bamboo charcoal juga bisa mengeksfoliasi kulit dan membersihkan pori supaya kulit kita lebih cerah.

Nah kalau bamboo charcoal, bentuk aslinya kayak gini:

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Bamboo Charcoal

Kandungan lain Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Seperti rangkaian face care Scarlett lainnya, dalam masker ini juga mengandung Vitamin C untuk membantu mengurangi kemerahan akibat sinar UV-B, dan menyamarkan hiperpigmentasi (anti aging). Glutathione untuk membantu kulit lebih cerah dan lembab, Niacinamide membantu menyamarkan pori dan merawat kulit berjerawat dan iritasi, dan Chlorophyllin untuk mengurangi peradangan dan bakteri penyebab jerawat.

Semua bahan tersebut bersatu dalam Scarlett Herbalism Mugwort Mask.

Review Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Oke selanjutnya, setelah pemakaian, saya review jujur ya:

Jadi saat pertama kali mengoleskan ke wajah, langsung tercium bau daun gitu. Mungkin karena kandungan mugwort dan chlorophyllin di masker ini. Agak langu sih di hidung saya. Meskipun nggak terlalu menusuk. Malah jadi terasa alami, nggak berbau kimia.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
tekstur herbalism mugwort mask

Tekstur Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini seperti ada scrubnya gitu guys. Meskipun nggak banyak, tapi terasa ada scrubnya. Beda sama varian Scarlett seriously soothing & hydrating gel mask yang halus banget (nanti saya bahas ya).

Saat saya oleskan di wajah, langsung adem. Reaksi di kulit saya gitu. Adem. Tapi di adik saya beda. Agak cekit-cekit katanya. 20 menit kemudian, saya cuci muka. Biasa saja cuci mukanya, nggak pakai handuk scrub. Karena saya lagi pengen cobain aja seberapa ampuh masker ini membersihkan wajah.

Setelah Pemakaian Pertama Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Ternyata…wajah saya langsung bersih. Cerah gitu tepatnya. Kusam-kusam hilang gitu aja. Sementara hasil di adik saya, agak merah sebentar mukanya, terus jerawatnya langsung kempes. Ampuh banget masker ini. Saya pun akhirnya ngikutin jejak adik saya untuk nempelin maskernya di dagu saya yang ada jerawatnya (jerawat mens). Kali ini agak lamaan nempelinnya, sekitar satu jaman lah ya. Ternyata beneran, kempes dong jerawatnya.

FYI, kulit saya normal-kering. Setelah memakai masker Scarlett Herbalism Mugwort Mask, kulit saya jadi kenyal, tapi nggak minyakan gitu guys. Nggak kering lagi, tapi nggak berminyak juga. Kenyal dan lembab saja gitu.

Nah biar lebih maksimal, setelah maskeran, saya pakein Scarlett essence.

Lanjut, sekarang ke produk berikutnya yaitu…

Review Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask

Namanya panjang banget ya guys. Terus dari namanya, bisa ketebak bahwa fungsinya adalah untuk menenangkan kulit, terutama kulit yang terpapar sinar UV-B.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask

Menurut saya, ada 2 kandungan unik dari Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask. Pertama adalah Watermelon extract (ekstrak buah semangka), dan Sea Cucumber, atau bahasa Indonesianya Timun Laut, alias Teripang.

Watermelon extractnya mampu mendinginkan kulit dan menangkal radikal bebas. Sedangkan Teripang mengandung kolagen alami hewani yang berfungsi menjaga dan memperbaiki kulit rusak, sekaligus berperan sebagai antioksidan.

Kebetulan kalau Teripang, saya tahu manfaatnya banyak banget buat kulit kita. Dia penghasil kolagen yang bikin kulit wajah kenyal. Kalau di Asia Timur kayak Korea, Jepang, dan China, Teripang ini mahal banget guys. Saya juga pernah berburu teripang di Pantai Menganti Kebumen, saat saya traveling kesana. Kata warga setempat, teripang ini dijual untuk obat herbal. Ini dia teripang hasil tangkapan saya.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
Teripang aka Sea Cucumber tangkapan saya

Kandungan lainnya pada Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask ditemukan juga pada produk scarlett whitening yang lain yaitu Niacinamide, Vitamin C, Grape Fruit Water, Seven berry extract, Ginseng Extract, Centella Asiatica, rose flower water, dan allantoin. Kalian sudah tahu lah ya manfaatnya. Kalau mau tahu lebih dalam, bisa cek di postingan saya yang ini.

Akhirnya Saya Mencoba Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask

Sekalian curhat, saya lagi di Jakarta tiga minggu belakangan ini. Karena sekalian mudik kan ya. Ternyata suhu di Jabodetabek sedang mengalami peningkatan. Di tempat saya tinggal suhu berkisar antara 33-36 derajat celcius. Bayangin!

Saya terbiasa di Bandung dengan suhu berkisar antara 18-27 derajat saja. Paling panas ya di 31 derajat lah ya. Itupun jarang-jarang. Eh tiba-tiba ke Jakarta, gelombang panas melanda.

Terus, karena lagi musim lebaran, kita nggak mungkin dong nggak keluar rumah. Pasti kan harus silaturahmi ke saudara, kerabat, dan juga teman-teman. Selain itu, saya juga pengen jalan-jalan ke Jakarta. Karena sudah 2 tahun lebih WFH, saya nggak kerja di Jabodetabek.  Akhirnya, setelah jalan-jalan, kulit wajah dan tangan terasa melepuh guys. Perih saking panasnya. Padahal sudah pakai sunblock.

efek dari 36,1 derajat celcius terpampang nyata.

Saat pulang kerumah, saya bebersih, terus nempelin Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask ke wajah saya. Beneran nggak sih bisa menenangkan kulit wajah yang kepanasan?

Pemakaian Pertama Review Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask

Cara pakainya mudah, tinggal oleskan saja gel ke wajah. Menurut saya, teksturnya lebih halus dari Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Kalau di Scarlett Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask, sepertinya nggak ada kandungan scrubnya. Benar-benar seperti gel yang lembut banget. Gambarannya, kalau kalian pernah nyobain aloe vera gel, mirip-mirip gitu guys teksturnya. Cuma punya scarlett lebih thick.

Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask
isi produk soothing gel mask

Lalu saat saya oleskan ke wajah dan leher, justru gel ini agak cekit-cekit gitu. Sebentar sih, nggak terus-terusan cekit-cekit rasanya. Mungkin karena saya habis kepanasan banget dan kulit saya perih akibat terpapar sinar matahari.

Tapi beda reaksi di kulit adik saya. Dia yang kalau pakai mugwort mask cekit-cekit, justru saat pakai hydrating gel mask malah adem banget katanya. Nggak ada rasa perih atau panas sama sekali.

Setelah 20 menit, saya bilas menggunakan air biasa, dan juga tanpa handuk scrub.

Hasilnya?

Langsung bersih dan cerah. Kulit saya yang tadinya perih, hilang sama sekali rasa perihnya. Kenyal adem gitu rasanya. Dan, kok berasa putihan guys. Segar bersih gitu rasanya. Glowing juga sampai besoknya, jadi saat saya pakai make up, gampang nempelnya. Biasanya kalau habis kepanasan, pasti ada bagian kulit yang mengelupas. Bikin make up sulit nempel. Setelah pakai masker ini nggak ada tuh kulit yang mengelupas. Kalian cobain deh ntar, kalian sama nggak kayak saya?

Kesimpulan

Saya suka kedua produk ini. Adik saya malah sudah beli duluan di Tokopedia, sebelum dia ngambil punya saya. Dua masker ini, Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, meskipun dikeluarkan sama satu brand yang sama yaitu Scarlett Whitening, tapi rasa dan hasilnya agak berbeda sedikit.

Rekomendasi dari saya:

Kalau kamu pengen eksfoliasi, mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kusam di wajah kamu, varian mugwort mask akan menjadi pilihan yang tepat.

Sedangkan kalau kamu sering berada di luar ruangan, Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask bisa jadi pilihan yang tepat. Karena seperti janjinya yaitu soothing and hydrating, masker yang ini beneran berfungsi menenangkan kulit wajah.

Kedua masker terbaru dari Scarlett Whitening sudah Dermatology tested, tidak membuat iritasi, non mercury, non hydroquinone, tidak diuji coba ke binatang, dan juga terdaftar di BPOM RI.

Harga Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing and Hydrating Gel Mask masing-masing Rp75.000.

Buat kalian yang tertarik, kalian bisa beli disini.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.