Pengamen di Jalan Braga, depan tempat makan legendaris di Bandung

10 Tempat Makan Legendaris di Bandung

Bandung terkenal banget sama wisata kulinernya. Soal hal ini, kayaknya kalian sudah tahu kan ya. Nah kali ini saya mau kasih rekomendasi 10 tempat makan legendaris di Bandung, beserta penilaian menurut saya yang sudah 20 tahun tinggal di kota kembang ini. FYI, semua penilaian saya objektif dan tanpa disponsori oleh pihak manapun. Adapun rating yang saya kasih didasari oleh rasa makanan, harga untuk rasa segitu, atmosfer tempat makan, dan juga pelayanannya.

Berikut adalah 10 tempat makan legendaris di Bandung:

  1. Braga Permai (Est. 1923)
  2. BMC (Bandoengche Melk Centrale) (Est. 1928)
  3. Sumber Hidangan (Est. 1929)
  4. Warung Kopi Purnama (Est. 1930)
  5. PT. Rasa/Rasa Bakery and Café (Est. 1931)
  6. Toko YOU (Since 1947)
  7. Rumah Makan Linggarjati (Since 1950)
  8. Toko Roti Sidodadi (Since 1954)
  9. Roti Gempol (Since 1958)
  10. Tizi Cakeshop & Restaurant (Since 1973)

Braga Permai (Est. 1923)

Nama aslinya dulu Maison Bogerijen. Menu andalannya adalah pastry seperti Ananas Geap, Specullas Almond, Tompoesjes, Booterstaf dan Ontbijkoek. Es krimnya juga ada 6 varian rasa, yang konon katanya, rasanya tak berubah sejak pertama kali didirikan.

Ada juga menu masakan Indonesianya, tapi sekarang saya nggak suka, karena rasanya berubah jadi ngga enak di lidah saya. Mungkin chefnya ganti.

Tempat makan legendaris di Bandung
Menu Breakfast Braga Permai

Saya sudah langganan banget di restaurant ini, dan sudah pernah mengulasnya disini.

Terletak di Jl. Braga No. 58 Bandung. Senin – Jumat buka pukul 08.00-23.30, sedangkan Sabtu dan Minggu buka pukul 07.00-23.30. Saya paling suka nongkrong weekend malam disini, sambil dengerin live music. Oh iya, jangan lupa kalian nyobain menu breakfastnya.

Rating 4/5.

BMC (Bandoengche Melk Centrale) (Est. 1928)

Dari tahun berdirinya, kalian juga pasti paham ya restaurant ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Terletak di Jl. Aceh No. 30 Bandung, atau di Belakang masjid Al-Ukhuwah. Jadi kalau kalian makan disini, sholatnya bisa langsung ke Masjid. Atau habis sholat, bisa mampir dulu ke BMC karena ada jalan penghubung dari masjid ke Restaurant.

Menu utama di BMC adalah susu segar, youghurt, dan pastry. Meskipun juga sekarang sudah menyediakan menu makanan berat seperti sop buntut, sate, nasi goreng dll yang rasanya cukup enak. Favorit saya disini adalah Strawberry youghurt tutti frutti gitu. Segar, yoghurtnya asli dan pekat, rasanya enakkk.

Sop buntutnya juga enak. FYI, kalau porsi makanan disini besar guys, jadi mengenyangkan dan menurut saya cukup worth the money. Kalau kamu kesini, kisaran 50-75 ribuan lah ya per orangnya.

Rating 3.5/5.

Sumber Hidangan (Est. 1929)

Meskipun namanya Indonesia banget, menu yang disajikan di tempat makan legendaris yang satu ini Belanda banget. Spesialis di Es Krim dan Pastrynya. Semua rasanya enak.

Es Krim Sumber Hidangan, Tempat makan legendaris di bandung
Es Krim Tutti fruti Sumber Hidangan

Disini juga menjual aneka masakan Indonesia, tapi saya nggak pernah berani mencoba, karena ada menu babinya. Jadi moslem alert ya buat masakan Indonesianya.

Saya juga sudah pernah review disini.

Rating 4/5.

Warung Kopi Purnama (Est. 1930)

Warung Kopi dan tempat makan legendaris ini terletak di Jl. Alkateri No.22, Braga. Menu vavorit saya disini adalah roti bakar Srikaya dengan Es Kopi Susu, atau Es Jeruk nipis. Menu masakan Indonesia juga ada, lumayan juga rasanya. Harganya cukup terjangkau. Untuk ngopi, roti, makan berat untuk 2 orang harga sekitar 180ribuan.

Kalau hari Sabtu dan Minggu pagi, disini selalu antri. Jadi kalau kalian mau menikmati suasananya dan makan minum dengan santai, saya sarankan datang kesini saat weekday. Kalau mau baca review saya, disini.

Rating 5/5.

PT. Rasa/Rasa Bakery and Café (Est. 1931)

Sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, dan bangunannya juga bergaya art deco. Seperti namanya, menu utama disini adalah pastry. Varian pastry dan kue keringnya banyak banget. Tersedia juga masakan Indonesia.

Saya nggak terlalu suka pastry, jadi jarang beli roti dan pastrynya disini. Tapi menurut saya, kalian perlu nyobain es krimnya, Tutti fruti.  Enak dan segar. Masakan Indonesianya juga ada, ada laksa, kambing, dll. Tapi saya nggak pernah nyoba.

Harga makanan, minuman, dan pastry disini tergolong mahal sih buat ukuran Bandung. Meskipun menurut saya cukup worth the money.

Lokasinya di Jl. Tamblong No. 15, Braga. Buka dari jam 08.00-21.00.

Rating 3,5/5.

Toko YOU (Since 1947)

Terletak sepelemparan batu dari Kampus Universitas Padjadjaran, atau tepatnya di Jl. Hasanudin No. 12 Bandung. Buka setiap hari, Senin-Minggu, Jam 7.30-23.00. Menunya banyak banget sih, sampai bingung pilihnya.

Mulai dari cemilan seperti roti bakar, aneka masakan Indonesia, Chinesse food, sampai jamu tersedia disini.

Saya sendiri tidak tahu spesialisnya atau signature dishnya apa. Karena ya itu, menunya yang banyak. Kalian bisa cek menu dan harganya disini.

Rating 3/5.

Rumah Makan Linggarjati (Since 1950)

Menu yang paling banyak dipesan di tempat makan legendaris ini adalah mie yamin dan es alpukat. Meskipun rumah makannya cukup sederhana, tapi harganya mahal buat saya mah. Satu porsi mie spesial sekitar 81 ribuan, es alpukat 49ribuan. Rasa lumayan sih emang.

Terletak di Jl. Balonggede No.1, Kec. Regol, Kota Bandung. Buka jam 8.00 – 18.30.

Rating 2,5/5.

Toko Roti Sidodadi (Since 1954)

Disini menjual roti jadul legendaris. Harganya murah meriah, mulai 4000an. Rasanya juga enak. Tokonya selalu ramai pembeli. Buat kamu yang mau pesan buat oleh-oleh, bisa WA saja ke nomor 08180212781.

Lokasinya di Jl. Otto Iskandardinata no. 255 Bandung 40251. Jam bukanya sebentar, dari pukul 10.30-15.00 WIB.

Rating 4/5.

Roti Gempol (Since 1958)

Lokasinya berada di dekat Gedung Sate. Tepatnya di Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum.

Kalau kesini, jangan lupa beli roti gandum dan donat kentangnya. Polosan saja, rasanya sudah enak dan rotinya mantap. Saya sendiri nggak suka dengan menu roti bakarnya. Biasa saja rasanya. Justru saya lebih suka rasa original yang nggak diapa-apain, terus dibawa pulang.

Harganya murah, sekitar 15 ribuan deh untuk roti gandumnya, dan donat kentang kisaran harga 6ribuan. Buka jam 07.00-21.00.

Rating 4/5.

Tizi Cakeshop & Restaurant (Since 1973)

Steakhouse Tizi berdiri sejak 1973. Restaurant legendaris ini terletak di Jl. Kidang Pananjung No. 3, Bandung. Patokannya, dari McDonalds Dago kalian masih lurus ke atas. Nanti nemu Gedung Pusair. Di sebelah gedung itu ada Jalan Kidang Pananjung. Masuk saja. Tizi ada di sebelah kiri jalan.

Menu utamanya steak, porsi dan rasanya sangat memuaskan kalau buat saya.  Favorit saya adalah Tenderloin Steak (Rp 125ribuan) atau Tongue with Mushroom Sauce (117 ribuan). Beef and eggnya juga enak sih, tapi sayang aja kalau sudah kesini tapi nggak pesan steaknya.

Buka dari jam 11.00 – 21.00

Rating 5/5.

Nah kurang lebih itu daftar tempat makan legendaris di Bandung versi saya. Mungkin ada yang kelewat, kalian bisa tambahkan dengan kasih comment dibawah ya.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.