Perpustakaan Gratis di Jakarta

Cara Berkunjung Ke Perpustakaan Gratis di Jakarta

Halo pengunjung rumah Arum, apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat selalu, lahir dan batin ya. Konon katanya, dengan membaca, kita bisa lebih sehat jiwa dan mentalnya. Makanya, saya mau ngajak kalian ke Jakarta nih. Menilik jendela ilmu, melalui perpustakaan gratis di Jakarta.

Mengenal Perpustakaan Gratis di Jakarta

DKI Jakarta memang menjadi pusat literasi di Indonesia. Pemerintah daerahnya nggak nanggung kalau mau ngasih fasilitas. Terutama tempat untuk mengembangkan diri lewat membaca.

Demi meningkatkan minat baca, dibangunlah beberapa perpustakaan gratis di Jakarta. Diantaranya Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Jakarta, dan Perpustakaan PDS HB Jassin. Tidak hanya gratis, tetapi juga estetik dan bikin betah berlama-lama membaca di tempat ini.

Sebenarnya masih banyak sih perpustakaan lainnya, tapi yang selalu saya kunjungi ya ketiga perpustakaan di atas. Perpustakaan ini bisa dinikmati oleh siapa saja, terutama anda Warga Negara Indonesia. Jadi nggak musti warga Jakarta ya yang menikmatinya.

Saya juga bukan warga DKI Jakarta. Tapi karena di Serpong nggak ada satupun perpustakaan umum yang Cozy, akhirnya saya memilih “hunting” ke Ibukota Negara.

Ada sih, perpustakaan yang keren banget di kampus tempat saya ngajar. Tapi vibesnya kayak saya lagi kerja dong. Ngga berasa healingnya hahahaha…#alasan.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Biasa disebut Perpusnas. Letaknya berseberangan dengan Tugu Monumen Nasional. Perpustakaan Nasional bahkan mendapatkan Guinness World Records sebagai The Tallest Library Building in the World.

The tallest library is the National Library of Indonesia, which measures 126.63 m (415 ft) and houses 27 floors of collections and library offices. The National Library moved to the current building in the heart of Jakarta on 14 September 2017, leaving the colonial-era structure that had long been too small to house the nation’s printed collections.

Guinness World Records

Keren kan?

Nah di Perpustakaan Nasional ini banyak banget koleksi buku-buku langka. Kemudian, karena namanya juga nasional, berarti siapapun berhak untuk menjadi anggota. Kalian bisa daftar online, atau daftar jadi anggota on the spot. Soal ini sudah banyak blogger yang bahas, jadi nggak saya jelasin lagi ya.

Perpustakaan Nasional Indonesia di Jakarta
Perpustakaan Nasional Jakarta
Koleksi buku langka di Perpusnas, Perpustakaan Gratis di Jakarta
Koleksi buku langka di Perpusnas

Dari lantai 24 Gedung ini, kalian bisa melihat Jakarta 180 derajat. Terutama Tugu Monas yang masih berdiri gagah. So nggak salah dong ya kalau tempat ini adalah Toplist Perpustakaan Gratis di Jakarta versi saya.

Perpustakaan Jakarta

Letaknya di Area Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Masuknya lewat Lantai 3 Gedung Panjang ya guys ya.

Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki
Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki
Estetika Perpustakaan Jakarta
Estetika Perpustakaan Jakarta

Gedungnya baru selesai dibangun, keren, dan estetik banget. Terilhami dari not lagu Rayuan Pulau Kelapa. Tak hanya itu, koleksi bukunya juga lumayan banyak. Mulai dari buku Sastra, pengetahuan umum, buku ekonomi, Teknik Informatika, arsitektur, sejarah Jakarta, Ilmu Hukum, dll.

Koleksi buku perpustakaan jakarta
Lorong di Perpustakaan Jakarta
Koleksi buku di Perpustakaan Jakarta
Koleksi buku di Perpustakaan Jakarta

Nah kalau kalian mau kesini, lebih baik reservasi dulu. Karena kuotanya dibatasi, 300 pengunjung per hari.

Reservasi Perpustakaan Jakarta untuk Non Member

Pastikan pilih nama perpustakaannya yang benar ya. Karena di website tersebut tertera 7 perpustakaan. Pilih perpustakaan Jakarta Cikini.

Selain buat baca, di tempat ini kita bisa kerja. Surga deh buat kalian yang remote work. Asal jangan berisik.

Kalian yang bawa anak, nggak usah khawatir. Terdapat area khusus anak-anak, yang menyediakan buku anak-anak juga. Di Lantai 4. Masuknya tetap dari Lantai 3 ya, scan barcode dulu.

Barcode ini dapat digunakan untuk masuk dan mendapatkan nomor loker. Di Perpustakaan Jakarta, kalian tinggal ke resepsionis, tunjukkan barcode kalian kepada petugas. Nanti petugas akan memberikan tas bening untuk menempatkan barang berharga yang boleh dibawa masuk.

Biasanya tas bening ini saya pergunakan untuk menyimpan laptop, hp, chargeran dan dompet. Tas yang kita bawa bisa kita titipkan kepada petugas.

Oh iya, di dalam perpustakaan ini, kita dilarang makan dan minum ya guys.

Perpustakaan PDS HB Jassin

Perpustakaan ini jadi favorit saya kalau lagi menulis buku, atau melakukan pekerjaan serius lainnya. Entahlah, kalau di kantor atau di kampus saya suka nggak konsen nulis. Ada saja gangguan dan godaannya.

Ruang Kerja Private di PDS HB Jassin
Ruang Kerja Private di PDS HB Jassin

Letaknya masih satu gedung dengan Perpustakaan Jakarta, yaitu di Gedung Panjang Taman Ismail Marzuki.

Sama seperti Perpustakaan Jakarta, kita juga harus reservasi terlebih dulu lewat website ini:

Reservasi ke Perpustakaan PDS HB Jassin untuk Non Member

Pilih PDS HB Jassin ya.

Nanti barcode kalian akan digunakan untuk check-in, dan juga mendapatkan kunci loker. Petugas akan memberikan kunci loker dan tas bening untuk menempatkan barang berharga. Hanya tas bening ini yang boleh masuk ke areal perpustakaan ya.

Dilarang makan dan minum di tempat ini, jadi mohon ditaati.

Lorong favorit di PDS HB Jassin
Lorong favorit di PDS HB Jassin
Buku langka berbahasa Belanda di PDS HB Jassin
Buku langka berbahasa Belanda di PDS HB Jassin

Perbedaan PDS HB Jassin dengan Perpustakaan Jakarta yaitu pada koleksi bukunya. Disini dikhususkan untuk buku-buku sastra. Baik naskah yang sangat kuno, maupun naskah terbaru. Saya menemukan beberapa buku langka seperti naskah Sunda Kuno, juga naskah berbahasa Belanda yang saya tidak mengerti artinya.

Itu dia ulasan saya tentang Perpustakaan Gratis di Jakarta yang worth banget buat kalian kunjungi. Yuk kita baca!

Post Terkait:

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.