Di Bukit Safa, Setelah Thawaf Wada

Pakaian Umroh Wanita, Dimana Belinya?

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang daftar barang bawaan umroh, kali ini saya mau bahas pakaian umroh wanita dan dimana belinya. Saya share pengalaman saya pada waktu umroh Idul Fitri bulan lalu ya. Silakan disimak.

Umroh Series:

Buat kalian yang baru berkunjung ke website ini, silakan baca tulisan saya tentang Umroh Series. Supaya informasinya lebih lengkap.

Mengenal 4 Musim di Arab Saudi

Menurut penduduk setempat, Arab Saudi punya 4 musim. Namun berbeda dengan warga yang tinggal di daerah 4 musim yang sudah jelas waktunya, orang Arab menggolongkan musim berdasarkan apa yang dirasakan oleh mereka.

Jika merasa kedinginan, maka sudah memasuki musim dingin. Hal ini dapat dirasakan pada bulan Desember, Januari, dan Februari.

Selanjutnya, jika suhu terasa sedang, maka orang setempat menyebutnya sebagai musim semi. Yaitu pada bulan Maret dan April.

Musim panas dirasakan pada bulan Mei, Juni, Juli, Agustus, dan September. Sedangkan musim gugur, suhu juga terasa sejuk, yaitu pada bulan Oktober dan November.

Nah ketika sudah mengenal suhu di Arab Saudi, silakan teman-teman sesuaikan dengan pakaian umroh wanita yang akan kalian bawa.

Keberangkatan saya Umroh beberapa waktu lalu jatuh pada musim semi, yaitu bulan April. Di bulan tersebut, Suhu di Arab Saudi cenderung bersahabat. Bahkan lebih panas Gading Serpong dan BSD, tempat saya tinggal, daripada di Arab Saudi pada saat itu.

Banyak angin juga, sehingga cuaca tidak terlalu kering. Oleh karenanya, saya membawa pakaian umroh wanita yang bahannya tipis, flowy, dan adem dipakai.

Pakai Baju apa saat Umroh?

Saya membawa 6 gamis, 3 baju tidur, dan 1 batik seragam biro travel umroh. Saya dapat bahan batik sekitar 3 meter, sehingga cukup untuk dibuat gamis.

Seperti biasa, saya menjahit di modiste yang juga adalah sahabat saya, Teh Meity. Sehingga meskipun persiapan saya hanya 2 minggu sebelum idul fitri dan keberangkatan, batik saya selesai tepat waktu. Ini dia hasilnya.

pakaian umroh wanita
Batik Seragam Hana Tour

Oleh Teh Meity, gamis saya didesain ada risleting depan, juga 2 invisible pocket di samping kanan dan kiri. Ini berguna banget buat saya naruh paspor dan boarding pass. Jadi nggak nyelip kemana-mana.

Hampir 15 tahun bersahabat, Teh Meity sudah paham betul kebiasaan saya: Sering kehilangan boarding pass dan suka lupa menaruh paspor/dokumen perjalanan.

Outfit Saat di Madinah

Saya menggunakan dress yang sudah ada di rumah. Didesain oleh saya, lalu Dijahit oleh Teh Meity sekitar 11 tahun lalu. Hahaha…lama banget ya. Dress ini jarang sekali dipakai. Mungkin baru saya pakai 2 kali semenjak dress ini dibuat.

Pakaian Umroh Wanita
Hijab and Dress, Designed by me and Teh Meity.

Saya ingat, bahannya dari wolfis. Saya yang pilih sendiri di toko bahan.

Saat itu belum musim cringkle, tapi saya sudah suka dress yang flowy dan bahannya adem. Tidak mudah kusut juga.

Kalau kerudungnya, saya buat sendiri. Iseng saat kuliah produksi kerudung sambil dijual. Lumayan buat nambah uang jajan. Total modal buat bikin outfitnya (Dress + Kerudung) sekitar Rp400 ribuan.

Selanjutnya saya menggunakan gamis merah bata, yang saya beli di Shopee, Nama Tokonya Zona Hawa Shop. Harga sekitar Rp120ribuan. Kerudungnya saya pakai Zoya voal, harga sekitar Rp69ribuan. Beli di Zoya.

Bahan dressnya flowy, enak dipakai dan cukup adem. Ukuran All Size Pas untuk saya. FYI, Tinggi saya 162 cm, berat badan 46kg.

pakaian umroh wanita
Madinah Style
Dress Merah Bata
Di depan Gunung Uhud

Pakaian Umroh atau Baju Ihrom Wanita

Pada saat melaksanakan ibadah umroh, saya menggunakan basic dress Broken White sebagai baju ihrom. Saya beli di butik Askalabel. Harga Sekitar Rp190 ribuan sudah dengan ongkir. Sedangkan kerudungnya saya beli di profil.id dengan harga sekitar Rp40ribuan.

Pakaian Ihrom Wanita putih
Basic Dress Broken White by Askalabel

Review basic dress by Askalabel: Bahannya jatuh, nyaman dipakai, dan terlihat mewah. Bahkan banyak jamaah lain yang sampai nanya ke saya, dressnya beli dimana. Mereka mengira, dressnya harga jutaan. Padahal nggak sampai 200 ribu harganya. #LocalPride

Oh iya, saya pakai ukuran M untuk Basic Dress Askalabel. Pas banget sih untuk saya. Nggak kekecilan, dan nggak terlalu longgar. FYI, Tinggi saya 162 cm, berat badan 46kg.

Untuk menyiasati agar tidak menerawang, saya menggunakan kulot Uniqlo warna krem. Kalian bisa cek harganya di Uniqlo saja, karena saya beli sudah cukup lama.

Kerudung dari profil.id juga enak dipakai, jatuh, lembut, adem juga. Worth the money!

Selanjutnya, baju ihrom untuk umroh kedua masih menggunakan dress warna broken white, yang saya beli di Nura Abaya. Harga sekitar Rp130ribuan. Sedangkan kerudungnya saya beli di shopee, nama tokonya profil.id harga sekitar Rp42 ribuan.

Pakaian Ihrom Wanita
Dress by Nura Abaya

Review Dress Nura Abaya: Bahannya agak tipis, jatuh, dan flowy. Saya pakai ukuran L. Enak banget dipakainya. Adem dan nggak kegedean sih.

Karena broken white agak nerawang, maka kita harus menggunakan inner gamis. Tapi saya lupa beli dimana. Saya pakai inner gamis bahan spandex yang sudah lama banget saya beli.

Kerudung dari profil.id juga lebar, saya pakai ukuran jumbo XXL. FYI, Tinggi saya 162 cm, berat badan 46kg.

Pakaian Umroh Wanita untuk Outfit di Mekkah: Gunakan pakaian yang longgar dan menutup aurat

Oleh karena sehari-hari kita lebih banyak ibadah di Masjidil Haram, jadi saya memilih dress yang nyaman, flowy, dan juga adem dipakai.

Sekaligus kerudung yang panjang, karena setiap shalat kita nggak menggunakan mukena. Jadi kita butuh menggunakan pakaian yang menutup aurat kita dengan sempurna.

Saya menggunakan dress hitam yang saya beli di Al-Zirah Syari. Harga sekitar Rp120ribuan. Saya pilih ukuran L.

pakaian umroh wanita black dress
Long Black Dress
pakaian umroh wanita black dress
Di Depan Masjidil Haram

Dressnya beneran panjang, longgar, dan sangat nyaman dipakai untuk saya yang tingginya 162 cm, berat 46 kg.

Kayaknya dress ukuran L ini bisa deh dipakai untuk yang BB nya sampai 60 kg. Beneran besar soalnya. Worth the money banget.

Lalu, untuk outfit city tour di Mekah, saya Pakai dari Helqa.id. Tokonya di Shopee ada, di Lazada ada. Saya beli di Lazada saat itu. Satu set Abaya dan pashmina syari harganya sekitar Rp200ribuan.

pakaian umroh wanita untuk city tour mekah
Di Depan Jabal Thawr
pakaian umroh wanita
Jabal Rahmah, Mekkah

Outfit dari Helqa.id nyaman banget dipakai. Bajunya harum, wangi Raudhoh. Saya beli ukuran L, Panjangnya juga pas untuk saya yang tinggi badannya 162cm, berat 46kg. Longgar namun tetap nyaman dipakai.

Bahannya bagus, jahitannya rapi, cuttingannya kelas butik. Keren banget pokoknya Helqa.id.

Perlengkapan Umroh Wanita lainnya:

Selain dress dan abaya, berikut adalah perlengkapan yang saya bawa. Saya kasih linknya saja ya. Kalian bisa eksplore sendiri nanti.

  1. Legging Dalaman Gamis
  2. Universal Travel Adaptor
  3. Tali Jemuran
  4. Hanger Lipat
  5. Handsocks broken white
  6. Manset Tangan Soka
  7. Sandal Umroh Torch

Silakan di klik linknya ya.

Alhamdulillah, semua barang yang saya bawa bermanfaat, nyaman dipakai, dan adem. Nggak bikin saya kepanasan. Dan bangganya lagi, semua yang saya gunakan adalah produk lokal guys. UMKM punya. Kebanyakan sih saya beli dari Jakarta atau Bandung.

Semua produk lokal, kecuali sepatu yang saya pakai.

Iya, sebangga itu sama produk lokal. Karena memang secakep itu. Worth the money.

Btw saya nggak diendorse oleh pihak manapun. Penilaian yang saya berikan adalah penilaian jujur dan apa adanya. Nggak ada yang saya lebih-lebihkan.

Semoga kalian yang baca tulisan ini, bisa disegerakan dipanggil oleh Allah ke tanah suci. Aamiin.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.