Menikmati Keindahan Benteng Tolukko dan Bella International Hotel Ternate

Benteng Tolukko

Sejarah Benteng Tolukko Ternate

Sebelum masuk ke Benteng Tolukko, saya sempat ngobrol sama Zul tentang asal mula Benteng ini. Dia malah bilang, “Ini lho mbak, yang buat syuting sama Bambang Pamungkas waktu iklan Kuku Bima Energi. Hehe…saya juga baru “ngeh”. Wajar sih, Benteng ini berdiri di atas bukit batuan beku yang memanjang ke arah barat laut tenggara. Letaknya menjorok ke laut dalam. Biru tua laut berpadu dengan birunya langit Ternate yang bersih. Hmm…nggak heran kenapa dulu Portugis bikin Benteng disini. Letaknya sangat strategis.

Continue reading “Menikmati Keindahan Benteng Tolukko dan Bella International Hotel Ternate”

Batu Hangus, Lava indah dari Gamalama

Batu Angus Ternate, Lava Indah dari Gamalama
Tulisan ini merupakan lanjutan dari perjalanan saya ke Ternate. Kalau pada tulisan sebelumnya saya membahas tentang Danau Tolire dan misterinya, kali ini saya akan mengajak anda untuk menyusuri Batu Angus Ternate. Satu lokasi di batas kota Ternate yang dipenuhi bongkahan indah bebatuan berwarna hitam. Batu Hangus sebenarnya merupakan bekas muntahan lava Gunung Gamalama ratusan tahun lalu. Lava tersebut mengeras, menjadi batu, dan berwarna hitam pekat. Sehingga oleh masyarakat setempat disebut sebagai Batu Hangus. Namun lokasi Batu Hangus yang saya susuri adalah bekas letusan Gunung Gamalama tahun 1980an. Karena lokasi tersebut berada di pinggir jalan, dan gampang parkirnya.
 

Continue reading “Batu Hangus, Lava indah dari Gamalama”

Misteri Danau Tolire

Misteri Danau Tolire

Baca perjalanan sebelumnya: Get Lost in Ternate
Setelah memastikan nama saya tertera di daftar reservasi Bella International Hotel, juga saran dari petugas hotel, saya pun memutuskan untuk berkeliling Pulau Ternate. Demi menjaga stamina, maka saya putuskan untuk makan siang terlebih dulu. Saya minta tolong Zul untuk memilih restaurant yang makanannya enak dan pemandangannya bagus.

Continue reading “Misteri Danau Tolire”

Get Lost in Ternate

Pengalaman Solo traveling ke ternate

Judulnya lebay. Sengaja.

Biar gimanaa gitu kesannya. Padahal, selain di Bandung, jarang banget saya nyasar. Baiklah, saya mau cerita perjalanan saya ke Ternate. Sebuah pulau kecil yang terletak di kawasan Maluku utara. Perjalanan tersebut saya lakukan tanggal 19 Juni 2012. Hampir setahun lalu yaa? Tapi baru di share sekarang.

Continue reading “Get Lost in Ternate”

Si Cantik Pagoda Ekayana

Kisah Pagoda Ekayana Tomohon yang menggoda

Pagoda ini punya kisah tersendiri buat saya. Tahun 2010, saya bersama 3 mom’s jalan-jalan juga ke tempat ini. Pulang dari Danau Linow, ibu Meis bilang kalau kami harus lihat satu tempat ibadah umat Buddha yang cantik sekali. Saya sempat mengerutkan kening waktu itu. Kalau lihat Gereja di Manado, itu biasa. Masjid juga terdapat beberapa, meskipun tempatnya tidak di pinggir jalan. Tapi Pagoda?

Continue reading “Si Cantik Pagoda Ekayana”

Menjelang senja di Remboken – Danau Tondano

Misteri Danau Tondano
Dari danau Linow, saya lanjut perjalanan ke Danau Tondano. Bukan lanjut sih, melainkan putar balik. Sebenernya kalau mau perjalanannya satu rute urutannya adalah Danau Tondano dulu, baru danau Linow. Seperti yang saya lakukan tahun 2010 lalu. Tapi karena hati saya lagi pengen ngadem di danau Linow, ya udah deh…*Keinginan hati mengalahkan rute 😀 Penasaran seperti apa dan bagaimana Misteri Danau Tondano, yuk lanjut baca cerita saya.

Continue reading “Menjelang senja di Remboken – Danau Tondano”

Manado Trip

Solo Traveling ke Manado
Perjalanan Solo Traveling ke Manado ini sebenernya waktu tahun 2012, perjalanan saya kesekian kalinya ke Sulawesi Utara. Diantara banyaknya kota Indah di Indonesia, Manado adalah destinasi vavorit saya. Kenapa? Karena Manado tuh paket Komplit sodara-sodara! Buat kamu si pecinta pantai, maka Manado punya pantai yang menakjubkan. Pasir putih dengan garis pantai yang panjang.

Continue reading “Manado Trip”

Pengalaman Pertama Mengajar (Mahasiswa)

Pengalaman Pertama Mengajar (Mahasiswa)

Kalau episode lalu berkisah tentang awal mula sebuah cita-cita, episode hari ini adalah versi “beberapa tahun kemudian”. Setelah terbang kesana kemari, melanglang buana, jadi instruktur pelatihan di depan seluruh rektor dan wakil rektor PTN dan PTS se-Indonesia (ciyee gayaa #tsaahh)…cerita soal ini dibahas di lain waktu*) akhirnya, tahun 2010_beberapa tahun setelah saya bergaya sotoy di depan teman-teman kuliah saya, angin membawa saya kembali ke kampus tercinta. Beeh…angin…ya pokoknya gitu deh. Waktu itu saya (dipaksa) disuruh bapak buat menggantikan beliau mengajar. Masalahnya, bapak lagi keluar kota. *Langsung garuk -garuk kepala, gimanaaa ngajarnyaaa??? Kalau 2 tahun belakangan ngajar di depan bapak-bapak dan ibu-ibu kerasanya biasa aja, eeh pas disuruh ngomong di depan mahasiswa, deg-degan! Asli! Sampe curhat ke supir taksi doong…hehehe…aneh juga ya sayaah…

Continue reading “Pengalaman Pertama Mengajar (Mahasiswa)”