Arum Silviani

Tahu Gejrot, Si pedas manis dari Cirebon

Kota Cirebon tidak hanya terkenal dengan empal gentong dan batik mega mendungnya. Kuliner yang satu ini juga tak kalah populer, bahkan sampai keluar kota Cirebon. Apalagi kalau bukan Tahu Gejrot. Berbahan utama tahu pong, yaitu jenis tahu yang dalamnya kosong dan rasanya cenderung tawar, juga mudah menyerap kuah. Hal ini yang membedakan tahu gejrot dengan tahu sumedang, tahu petis, atau jenis tahu yang lainnya. 
Tahu Gejrot Cirebon
Penyajiannya tak lepas dari kuah gula merah yang dibubuhi rendosan cabe rawit dan bawang merah, juga sedikit garam. Dinamakan “Gejrot” karena berasal dari istilah bahasa Sunda ketika kuah terciprat saat tahu diulek dalam cobek. Rasanya khas. Perpaduan antara rasa manis, asin, pedas, dan gurih kuahnya yang menyerap ke dalam tahu.

Tahu Gejrot nikmat dikonsumsi sebagai makanan pembuka, camilan, atau sekedar teman jalan-jalan sore. Anda tidak usah khawatir jika sulit menemukan penjual kuliner ini. Tahu Gejrot sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Siapkan saja tahu pong, goreng hingga kering, lalu potong melintang sehingga membentuk segitiga. Setelah itu panaskan air, masukkan gula merah dan garam secukupnya. Sementara menunggu kuahnya mendidih, siapkan bawang merah dan cabe rawit, lalu ulek kasar. Setelah kuah siap, siramkan ke dalam tahu, lalu taburkan bawang merah dan cabe rawit yang telah diulek tadi ke atasnya. Mudah, bukan?

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.