Satu Hari di Cianjur

Kota Cianjur mungkin bukan menjadi kota prioritas untuk berwisata. Kota ini seakan kalah pamor dengan kawasan sub urbannya seperti Cipanas, Kebun Raya Cibodas, Telaga Biru, Gunung Gede, Taman Nasional Gunung Pangrango, dan masih banyak tempat wisata Cianjur yang populer lainnya. Kotanya sendiri hanya memiliki luas wilayah sebesar 3.432,96 km2 (Sumber: Wikipedia).

Suasana tak terlalu ramai saat kami mencoba mengeksplore Kota Cianjur. Kondisi jalan protokolnya lebar dan mulus, namun tidak demikian dengan jalur alternatif yang banyak rusak disana-sini. Saat saya dan teman-teman singgah untuk shalat jamak qashar dzuhur dan ashar, kami pun memperhatikan sekitar. Banyak masjid besar dan pesantren di kawasan kota yang mengusung slogan “Cianjur Jago” ini. Seperti kota Santri, demikian kata salah seorang teman saya.

Karena tidak tahu arah dan tak banyak informasi mengenai tempat yang bisa disinggahi di Cianjur, kami pun mencari alun-alun Kota. Biasanya, alun-alun menjadi pusat keramaian atau pusat kegiatan warganya. Setelah 2 kali nyasar (Makasiih kepada Google Maps yang selalu bikin kami salah jalan :P) akhirnya kami sampai di alun-alun Kota Cianjur. Itupun karena kami pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar).

Menara Masjid Agung Cianjur
Menara Masjid Agung Cianjur
Pintu Masuk Masjid Agung Cianjur
Pintu Masuk Masjid Agung Cianjur
Sudut Masjid Agung Cianjur
Sudut Masjid Agung Cianjur

Ini dia Masjid Agung Cianjur. Bagus, bersih, dan indah karena diramaikan oleh penduduknya dengan kajian di Minggu siang. Sedangkan alun-alunnya, masih sangat berantakan, dan dihiasi oleh muda-mudi yang sedang pacaran, pedagang kaki lima, juga aneka sampah yang bertebaran di sana sini. Khas alun-alun yang belum tertata pada umumnya. Nggak worth lihatnya. Sungguh jauh berbeda dengan kondisi masjid agung yang bersih menenangkan.

Alun-alun Cianjur
Alun-alun Cianjur

Satu yang tak bisa dipungkiri, langit Kota Cianjur indah sekali siang itu. Matahari bersinar cerah, namun tak menyengat. Pohon Nyiur menari ditiup angin sepoi-sepoi, awan putih pun berarak seolah melindungi sekitar masjid dari teriknya matahari.

Masjid Agung Cianjur
Partner in Crime
Masjid Agung Cianjur
Partner in Crime feat Awa

Lama menikmati tiupan angin yang menyejukkan, saya pun nyeletuk, “Panas-panas gini, makan bakso yuk!” ajak saya ke teman-teman geng, yang langsung diamini. Padahal baru beberapa saat lalu kami makan siang. Nggak apa-apa lah ya, setiap berkunjung ke suatu kota, kita kan wajib mencoba kulinernya (*alasan)

Bakso Istighfar Cianjur
Bakso Istighfar Cianjur

Kami singgah di Bakso Istighfar. Demikian nama kios bakso yang terletak tepat di persimpangan Jalan Taifur Yusuf. Dinamakan demikian oleh pemiliknya karena mereka menjual bakso ukuran super besar atau lebih dikenal dengan bakso beranak. Duh, lihatnya saja saya sudah serem, apalagi mencoba 😀

Bakso Istigfar Cianjur
Bakso Istigfar dan Dawegan

Bakso beranak ini dibanderol Rp400.000/porsinya. Masuk akal karena ukurannya super besar. Kata ownernya, seporsi bakso berana bisa untuk 7-10 porsi. Kami berempat tidak ada yang punya nyali untuk mencobanya. Akhirnya kami memutuskan untuk memesan bakso biasa saja. Satu porsinya Rp14.000,- dengan ditemani sebutir kelapa muda yang menyegarkan.

Jalan Taifur Yusuf Cianjur
Jalan Taifur Yusuf Cianjur
Jalan Taifur Yusuf Cianjur
Jalan Taifur Yusuf Cianjur

Foto ini sekaligus menutup perjalanan kami di Kota Cianjur. Oh iya, dalam perjalanan pulang ke Bandung kami juga sempat membeli oleh-oleh manisan khas Cianjur di Jl. Monginsidi. Per kg manisan dihargai Rp50.000. Harga sama untuk setiap jenis manisan, baik itu manisan pala, salak, mangga, kedondong, cermai, cherry, dan lain sebagainya. Di toko oleh-oleh tersebut juga dijual makanan lainnya yang cukup terkenal seperti mochi, tauco, kue semprong, dll. Tinggal pilih saja, semua harga terjangkau kok.

Sampai jumpa lagi Cianjur, jadi ingat lagu kenangan yang suka diputar bapak saya, “Semalam di Cianjur”

Kan Kuingat…di dalam hatiku
Betapa indah semalam di Cianjur
Janji kasih yang tlah kau ucapkan
Penuh kenangan yang takkan terlupakan

terusin sendiri liriknya ya…saya lupa 😀

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.