8 Tips for Simple Packing

Packing itu penting banget. Kalau kita hendak traveling terus lupa atau ada barang yang ketinggalan, bakalan kesel rasanya. Bisa jadi merepotkan karena kita terpaksa harus beli barang kebutuhan kita itu di tempat tujuan. Buang waktu kan? Padahal saat traveling, setiap detik terasa sangat berharga.Tapi juga, kalau barang yang dibawa kebanyakan, bakalan bikin kalian rugi sendiri. Tas bakal berat, rempong, dan pastinya nyusahin diri sendiri dong…bahkan kalau perginya naik pesawat, bisa kena charge akibat over baggage.

Baca juga ini : Apa saja sih yang harus disiapkan sebelum jalan-jalan?

Buat kalian yang akan traveling, apalagi cewek yang seringkali bawaannya berasa penting semua dan nggak bisa disortir, mulai sekarang ubah deh kebiasaannya. Berikut beberapa tips buat packing:

Bikin List barang yang butuh untuk dibawa

Mungkin lebay kedengarannya, tapi percaya deh, bikin list barang-barang yang kalian butuhkan sebelum pergi bakal membantu banget. Kerasanya nanti kalau sudah sampai tempat tujuan. When all the stuff you need is all in your bag. Karena yang paling tahu kebutuhan kamu ya kamu sendiri, bukan orang lain.

Pack dengan wadah yang kecil-kecil.

Buat yang demen dandan, misalnya. Kosmetik buat traveling sama harian dibedain tempatnya. Semua kosmetik dan toiletries untuk traveling bisa dikemas dalam kemasan yang kecil-kecil, yang kira-kira cukup buat pemakaian sekitar 4 hari. Kalau mau pergi lebih dari itu harinya, mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk membeli kekurangannya di tempat tujuan.

Terus alat shalat, siapkan yang tipis dan mudah dibawa. Sekarang banyak banget kok yang jualan mukena+sajadah yang gampang dibawa kemana-mana. Selain alat shalat, yang seringkali harus dibawa serta adalah handuk. Terutama buat yang kulitnya sensitif, nggak bisa pakai handuk yang disediakan hotel. Siapkan handuk kecil khusus traveling (di pasar baru banyak yang jual) atau beli handuk good morning. You know what I mean, right? 🙂

Bawa pakaian yang nggak terlalu tebal

Bawa pakaian yang bahannya nggak terlalu tebal, supaya ringkes saat digulung. Nggak usah bawa yang ribet-ribet pakaiannya macam jubah ala Syahrini demi kelihatan bagus kalau difoto. Karena kamu mau traveling, bukan mau fashion show.

Kalau terpaksa harus pakai pakaian tebal dikarenakan cuaca, siasati dengan memakai double/layer. Pakailah pakaian yang menurut kamu paling tebal diantara yang lain, lalu double supaya nggak menghabiskan tempat di koper, ransel ataupun traveling bag.

Gulung pakaian, jangan dilipat

Ketika kamu menggulung pakaian, maka space yang kamu dapatkan bisa lebih banyak jika dibandingkan kalau kamu melipat pakaian.

Cuci Baju di tempat tujuan

Saat traveling jangka panjang, mencuci baju di tempat tujuan adalah pilihan terbaik. Kalau laundry di hotel mahal, nggak usah takut. Hari gini gampang banget dapat laundry kiloan di sepanjang jalan. Bisa selesai dalam sehari. Atau jika kamu menginap di kost harian/homestay, biasanya disediakan mesin cuci yang free buat dipakai. Kalau nginepnya di kostel (kost harian bentuk apartemen) malah suka ada fasilitas free laundry 1 pasang baju/hari.

Pisahkan tas untuk barang-barang berharga

Saat bepergian, selalu pisahkan tas yang berisi barang berharga seperti KTP, SIM, Paspor, uang elektronik, uang cash, perhiasan, gadget, dan obat-obatan pribadi. Jangan sekali-kali menaruh barang berharga di bagasi pesawat karena keamanannya nggak dijamin sama sekali. Terus juga, kalau kamu terpaksa bawa banyak uang cash, jangan taruh di satu tempat. Pisahin di banyak tempat misal di kantong baju/celana yang berbeda, dompet yang berbeda atau apapun yang kamu anggap aman. Hal ini buat mencegah jika terjadi sesuatu yang buruk saat perjalanan.

Baca juga ini: Nyasar saat traveling di Indonesia?

Taruh barang yang penting di bagian paling atas

Selalu tempatkan barang-barang yang kamu anggap penting saat perjalanan di bagian paling atas dalam koper/traveling bag, supaya gampang ngambilnya. Misalkan: charger handphone, power bank, air minum, cemilan, buku bacaan dll yang kamu anggap penting. Ketika kamu membutuhkan, maka kamu akan cepat menemukannya tanpa menggangu penumpang lain.

Pakai sepatu yang nyaman

Pakai sepatu yang nyaman. Buat para hijab traveler, kaki nggak perlu terlihat jenjang, yang penting nyaman saat buat jalan. Karena bukan nggak mungkin saat traveling kamu bakal lari-lari ngejar kereta, pesawat, atau shuttle travel.

So, are you ready for traveling?

One Reply to “8 Tips for Simple Packing”

Leave a Reply