cara ke pangandaran naik kereta

Ke Pangandaran Naik Kereta? Gimana Caranya?

di artikel ini saya membahas cara ke pangandaran naik kereta. perjalanan ini dilakukan dari bandung, dengan pemberhentian akhir stasiun banjar. Cara naik kereta ke Pangandaran, Bus Menuju Pangandaran, tarif bus banjar pangandaran, tempat menunggu bus ke pangandaran, Kereta Api Pangandaran Review Gerbong Eksekutif Kereta Api Pangandaran, Waktu tempuh banjar pangandaran, Penginapan di pangandaran, penginapan murah di pangandaran, backpacker ke Pangandaran, Harga penginapan di pangandaran.

Cara ke Pangandaran Naik Kereta ternyata nggak sulit.

Masih di topik yang sama yaitu pembukaan jalur kereta relasi Jakarta-Banjar, kali ini saya bakal sharing pengalaman saya ke Pangandaran dengan kereta api. Seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya, Review kereta api Pangandaran Bandung Banjar bahwa nama kereta Pangandaran bukan berarti anda bisa turun langsung di daerah Pangandaran. Pemberhentian terakhir hanya sampai Stasiun Banjar.

Dari Stasiun Banjar kemana?

Anda harus menyambung dengan bus ¾ ke Pangandaran. Namun demikian, bus tersebut tidak tersedia di Stasiun Banjar. Untuk ini saya kesel sebenernya sama Kemenpar yang PHP kasih janji palsu. Katanya mau menyediakan bus khusus untuk penumpang KA Pangandaran dari Banjar ke Pangandaran. Nyatanya? Nggak ada tuh bus tersebut.

Keadaan Stasiun Banjar, Pemberhentian terakhir KA Pangandaran

Cara ke pangandaran naik kereta
Suasana di Kota Banjar

Perjuangan selanjutnya adalah dari Stasiun Banjar, anda harus berjalan kaki, atau naik becak, atau naik angper (angkutan perdesaan) ke Lampu Merah Simpang Hegarsari. Angper juga jumlahnya sangat terbatas dan jarang lewat.

Jujur, saya nggak merekomendasikan anda untuk berjalan kaki karena terlalu jauh (1,3km) dan suhu di Kota Banjar sangat panas.

Saat itu sekitar 34 derajat celcius. Sangat jauh diatas suhu Kota Bandung tempat saya tinggal. Selain itu, saat berjalan kaki, otomatis kita menjadi tontonan orang.

cara ke pangandaran naik kereta
Tempat nunggu bus ke Pangandaran

Mungkin karena kota Banjar belum terbiasa melihat wisatawan yang berjalan kaki. Saya sendiri terus terang risih mendengar cuitan laki-laki iseng, dan tatapan mata warga yang seolah aneh melihat saya jalan kaki.

Anyway, kalau bagi yang suka dilihatin orang sih mungkin seneng. Berasa jadi seleb di kota Banjar Patroman.

Tapi saya, kayaknya cukup sekali deh jalan kaki sejauh itu di kota yang sangat sepi ini. No offense, tapi saya nggak suka jadi pusat perhatian dan bahan ledekan orang.

Jika anda bingung, jangan ragu untuk GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) karena google maps seringkali tak berfungsi baik di tempat ini. Warga bakal kasih tahu anda dimana anda dapat menunggu Bus menuju Pangandaran.

Tambahan Info dari Pembaca

Kalau mau naik taksi online (grab) di Banjar, jangan langsung dari stasiun ya teman-teman. Kalian bisa jalan dulu sekitar 500 meter dari stasiun, baru order. Kan banyak becak dan ojek yang mangkal sekitaran stasiun. Biar sama-sama aman dan nggak bentrok ya.

*Thanks Hadi udah ngasih info, bisa lihat info lengkapnya di comment ya.

Bus Menuju Pangandaran

Bus ini biasanya memiliki tujuan akhir Cijulang. Ada Bus Budiman, Bus AC yang saya lupa namanya, dan Bus Odong-odong. Cukup lama saya menunggu bus ini.

Karena waktunya nggak tepat, saya kebagian bus odong-odong. Adalah bus berukuran ¾ dan tanpa AC. Setiap saat bisa berhenti mengambil penumpang. Jalannya pun ugal-ugalan. Daan…getok harga. Normalnya, bus ini bertarif 20-25 ribu rupiah dari Banjar ke Pangandaran. Namun kami yang kelihatan traveler dibanderol 30 ribu rupiah untuk bus odong-odong.

Maaf kata, ini bukan soal harga, melainkan soal kepercayaan. Beberapa kali saya mengalami getok harga di wilayah Banjar dan Pangandaran.

Mungkin kemenpar, pemda, dan pihak setempat perlu memberikan edukasi ke warga dan pelaku transportasi, akomodasi, juga kuliner untuk memberikan harga transparan kepada pengunjung.

Jika diteruskan acara getok harganya, kemungkinan besar wisatawan enggan datang lagi. Kapok lah istilahnya. Sayang sekali potensi daerah jadi tidak maksimal karena oknum tertentu.

Waktu Tempuh Banjar-Pangandaran

Dengan bus odong-odong ini, perjalanan ditempuh kurang lebih 2,5 jam. Itu karena jalannya tidak stabil, sering berhenti mengangkut penumpang, dan ugal-ugalan.

Namun demikian, saat perjalanan Pangandaran ke Banjar, saya dapat bus AC. Lupa namanya, tapi bus ini nyaman. ACnya berfungsi dengan baik, pelayanannya bagus, dan supirnya yang sangat tertib saat berkendara.

Patut diacungkan jempol. Harganya? Hanya Rp30ribu rupiah saja per orang. Dengan waktu tempuh tidak sampai 2 jam. Sekitar 1 jam 45 menit.

cara ke pangandaran naik kereta
Bus AC Banjar Cijulang via Pangandaran

Tiba di Pangandaran, Turun dimana?

Jika anda hendak ke Pantai Timur, anda dapat turun tepat di depan gerbang Pantai Timur Pangandaran. Namun demikian, saya lebih merekomendasikan anda untuk ke Pantai Barat Pangandaran. Anda bisa turun di Terminal Pangandaran atau di depan Bangunan MTS Pangandaran.

cara ke pangandaran naik kereta
Pintu Masuk Pantai Barat Pangandaran

Dari tempat ini, anda bisa berjalan kaki ke Pantai Barat (sekitar 1,9 km). Pilihan lain adalah naik ojek atau becak.

Biaya masuk gerbang pantai barat Pangandaran adalah Rp6000/orang. Namun saat itu saya dikira warga setempat karena sedang ngobrol bersama warga. Jadi saya dipersilakan masuk tanpa dipungut biaya. 😀

Penginapan di Pangandaran

Tak perlu khawatir jika anda belum booking penginapan. Di Pantai Barat terdapat banyak sekali penginapan. Baik itu hotel, homestay, atau penginapan milik warga.

Saya sendiri bertemu warga saat masuk gerbang pantai barat. Namanya Pak Indra. Kami ditawari penginapan miliknya. Pondok Herlanda 3.

cara ke pangandaran naik kereta
Penginapan warga di Pantai Barat

Harga penginapan per malam Rp150.000. Harga tersebut bisa turun saat weekday (Rp125.000 per malam). Fasilitasnya tempat tidur, televisi, kamar mandi dalam dan kipas angin. Menurut saya, penginapan di Pantai Barat tidak terlalu panas, karena banyak pepohonan.

Jadi kipas angin cukup. Jika anda ingin membuat kopi atau menyeduh mie, disediakan juga air panas di pantry. Di pondok ini juga terdapat kamar ber AC, dengan harga Rp200.000 per malam.

Room rate tersebut tentunya berbeda antara penginapan yang satu dengan lainnya. Anda tinggal pilih mana yang menurut anda nyaman dan pas dengan kantong.

Kalau saya sih karena hanya menginap semalam, malas cari penginapan lagi, dan tidak butuh staycation (saya ingin menghabiskan waktu di pantai) makanya saya memilih penginapan sederhana.

Coba Sewa motor biasa atau Trail

Jika anda butuh motor untuk berjalan-jalan, disini juga disediakan sewa motor. Harga per hari sewa adalah Rp100.000/motor. Silakan harga tersebut menjadi patokan anda untuk bahan negosiasi kepada pemberi sewa.

Penginapan warga di Pantai Barat
Persewaan Motor Trail

Selain motor biasa, warga juga menyewakan motor trail. Harganya? Tergantung jenis motor sepertinya.

Update 2024 dari Grab dari Stasiun Banjar ke Pangandaran : 

Berdasarkan info dari pembaca saya, sekarang di Pangandaran sudah ada Ojek Online ya teman-teman. Gojek dan Grab. Silakan disesuaikan agenda dan itinerarynya.

Selanjutnya, bisa lihat apa saja di Pantai Pangandaran? Saya bakal bahas di postingan berikutnya. Stay tune yaa…

Post Terkait:

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

99 comments

  • Eceu kalau beus yang ke Pangandaran malem ada gak ya? Ba’da isya lah. Karena kereta saya nyampe ke Banjarnya sekitar jam segituan , siapa tau si Eceu tau infonya.
    Terima kasih

  • Teh Arum, ikut tanya ya. Jika mau jalan2 pakai KA Pangandaran turun di St. Banjar tapi tdk akan ke Pangandaran, apakah sekitaran situ ada tempat wisata yg dekat station?
    Thx before

    • Halo Trisa,

      Kalau di Banjar, rata2 tempat wisatanya jauh dari pusat kota. Ada di Pangandaran atau di perbatasan yang mau ke Jawa Tengah.

      Biasanya saya wisata kuliner di sekitaran Griya Banjar. Banyak makanan enak dan murah disitu. Selain itu ada alun-alun Banjar. Lumayan buat berfoto.

      Nggak usah khawatir transportasi, di Banjar sudah ada Grab.

      Semoga membantu ya

  • Halo Arum, apa punya dan boleh minta info kontak tempat sewa motornya? Sepertinya turun bis budiman saya akan langsung ke tempat rental motor.

  • Kaka untuk harga dari MTS ke pantainya atau ke penginapan naik becak atau ojek berapa yah ?

  • Halo ka arum mau dikit menambahkan nih.. Klo sampai di stsiun banjar kalau mau pesen grab jgn order di stasiun banjar ya.. Jadi harus jalan dulu sampe radius 500meteran dari stasiun banjar.. Baru temen temen semua bisa order dan naik grab di situ..

    Thanx

  • Aku juga mau ke pangandaran. Brkt dari bogor. Tapi masih dilema akomodasi yg enak naik apa.. kereta, mobil, atau bus ya.. bareng keluarga siy.. cuma kalau mobil, gempor juga nyetir 9 jam an

    • Wah kebeneran udh saya hapus. Tapi bisa kok kalo kita mau booking lewat traveloka atau pegi-pegi. Disitu malah suka dapet diskon *nggak promosi, cmn jd bisa liat kamarnya dulu di foto. Dan rata2 homestay sdh bisa online pesannya.

  • Sempet kepikiran karena mamah ngajakin liburan ke Pangandaran tp PR banget lagi musim libur lebaran pasti jalanan macet banget. Inget kalo ada promo KAI Pangandaran tapi setelah aku baca ulasannya ko kayanya ga memungkinkan untuk bawa orang tua pake jalur kereta ke Pangandaran 🙁

  • Hi teteh Arum cantik mau tanya nih klo beli tiket kereta api Pangandaran di stasiun Bandung, belinya di loket pintu masuk utara (kbn kawung) ato pintu masuk selatan?

  • Hai kak Arum, kalau boleh tau kontak dari penginapan itu punya gak ya? Kalau punya boleh saya minta?
    Terima kasih.

  • Kirain teh dr stasiun ka pangandaran nana deket, ternyata jauh oge. Pdhal rencana bawa krucil naek kereta

    • Lumayan jauh teh, sekitar 1,5 sampai 2 jam. Dari stasiun Banjar. Soalnya jalur kereta Banjar-Pangandaran belum jadi. Tapi sekarang ada shuttle dari kemenpar di stasiun Banjar tujuan Pangandaran.

      Sama ada travel juga dari stasiun Banjar ke Pangandaran. Tarifnya sekitar Rp35.000 per orang.

      • Teh sekarang angkutan dari banjar,udah aktif angkutan kemenpar nya?rencana bsk pagi saya brangkat.dan menurut info tarif ka pangandaran rp 1000 dah gk berlaku skr.

        • iya tarif ka Pangandaran udah nggak promo lagi. Sekarang tiket sudah bisa dibeli online, Gambir Banjar Rp150ribuan kl ga salah.

          Menurut info terakhir temen saya yang kesana, shuttle sudah ada. Dan juga travel banjar pangandaran ada. tapi kemarin ada pembaca blog yang bilang shuttlenya nggak ada. jadi ya pakai cara saya aja, jalan/naik becak/ojek dulu ke lampu merah, terus naik bus budiman atau bus tujuan Pangandaran lainnya.

      • Hallo teeehhh. Ini shuttle dan bus yg kemenpar langsung dri stasiun naiknya dmna??? Terus harus pesan dl apa gmna?? Thank you

        • Halo juga Ratih, info dari pembaca sih jam 17 an ada di depan stasiun shuttle travelnya. Nah kalau sebelum jam itu paling nunggu di simpang Hegarsari sesuai review saya.

      • Teh mau nanya bedanya shuttle dari kemenpar dan travel ke pangandaran apa ya? Ini langsung dari stasiun banjarnya kan ya berarti?
        Rencana mau kesana jumat ini.. Tapi masih bingung mau naik apa dari stasiunnya.. Hehe

        • Iya dari stasiun Banjar, cuma kalau ngga salah dia hanya ada jam 17 sekian deh. coba scroll comment dari pembaca lain yang udah sharing kesana ya. Kalau bingung, tetap naik dari simpang Hegarsari aja. Naik becak dari stasiun ke simpang sekitar 12-15ribu. Disitu banyak bus menuju Pangandaran.

      • Halo tehh arum, sy rencana mau ke pangandaran naik kereta tanggal 13 agustus. Apakah benar sekarang sudah ada shuttle dari kemenpar atau ada travel menuju pangandaran? Dan tarif nya berapa?

  • Apakah bis shuttle itu bener2 udah ada ayo wacana mbak.. Saya rencana besok ke pangandaran pake kerete api… Makasih mbak

  • Assalamualaikum mba, sekarang/hari ini saya bersama keluarga rencana mau ke pangandaran naik kereta dari bandung, nah sampai di stasiun banjar apakah ada moda transportasinya yang menyambung ke pangandaran? apakah ada bus/travel yang disediakan pemerintah?

  • BIS yang ke Pangandaran , ada ngetem depan stasiun Banjar, setelah jam 17:00 terakhir Jam 20:00 an

  • Mbak arum, kalo tempat naik shuttle atau travel ke pangandaran dari stasiun banjar di sebelah mananya yah, apa masih di dalam wilayah stasiun? Lalu kalo seandainya mau naik grab car baiknya djemput dimana yah kan katanya ga bisa pas di stasiunnya. Maklum blm pernah & mau bawa krucil. Trims 😊

    • di lampu merah seperti yang saya tulis mbak. jadi dari stasiun naik becak aja dulu ke lampu merah. Mbak coba baca comment2 pembaca sebelumnya deh, ada yang menjelaskan juga ada bus yang ngetem di depan stasiun Banjar. Mhn maaf nggak bisa ngasih info detail karena saya kesana bulan Januari. Sedangkan sekarang sudah banyak perkembangan.

  • Kebetulan kok tetiba pengen getting lost kemana gitu, ada yang ngusulin buat ke Pangandaran. Btw, terima kasih untuk tulisannya, bener-bener membantu. hehe

  • Assalamualaikum mba
    Saya lagi di pangandaran kemren naik kereta kesini
    Pulangnya saya bingung naik bis nya dari mana kemaren gak sempet tanya ke kenek bis nya
    Info nya mba

    • kalo rental motor ngga ada saya. kalau penginapan, paling scroll ke comment ya. atau cari di traveloka/booking online lainnya. di saya hilang smua nomor2nya karena ke reset.

  • Halo teh arum, kalau lokasi terminal pangandaran ke penginapan atau pantai pangandarannya apakah cukup jauh ya? Terus bisa menggunakan moda transportasi apa aja? Makasih

  • Wajah Banjar ternyata telah berubah. Dulu kala saya masih kecil dan ABG, terakhir ke Banjar kala baru 2 SMP, Stasiun Banjar masih bisa dilewati kendaraan sejenis bus atau elf. Saya lupa apa namanya. Kendaraan sari Pangandaran tinggal berhenti di seberang stasiun, lalu kami bisa menyeberanginya jalan untuk menuju stasiun. Ada banyak beca mangkal di sana.
    Kalau turun dari Stasiun Banjar, tinggal naik kendaraan di dekatnya, entah bus atau elf. Tapi saya lupa karena itu di bawah tahun 1990. Yang jelas dari stasiun rasanya tidak perlu jalan kaki jauh. Apakah sekarang ada perubahan jalur jalan?
    Cuma, wajah Stasiun Banjar dari luar terliohat lebih modern. dulu mah kuno, he he.
    Jadi kangen pengen ke Pangandaran.

    • Iya sekarang paling becak aja mba. Angkot jarang lewat, dan bus nggak lewat situ. Kalau sore, suka ada elf mangkal. Tapi berangkatnya selalu menunggu penuh, jadi agak nggak nyaman. Makanya sekarang traveler lebih suka nunggu di simpang hegarsari atau ke terminal Banjar untuk nyambung bus ke Pangandaran.

      Grab sudah ada di Banjar, tapi nggak boleh ambil penumpang di stasiun karena ada ojek pangkalan dan becak. jadi harus jalan dulu agak jauh dari stasiun untuk pesan ojek/taksi online.

  • Teteh klo dari pngandaran ke staiun banjar bus paling sore jam brapa soalnya saya insyalloh kamis mau ke pangandaran pulangnya sabtu
    Nah naik kereta sore

  • Kalo dr simpang Hegarsari naik grabcar ke pangandaran kira2 brp ya?
    Klo naik bus terus turun di MTS, apkh dr situ kita bs pesen ojek online langsung ato harus sembunyi2 krn takut bentrok dgn ojek pangkalan ato tukang beca di MTS?
    Hatur nuhun teh😊

    • di pangandaran nggak ada ojol. paling naik ojek pangkalan atau becak. dari mts ke pantai barat sekitar 15 ribu. kalo dari simpang hegarsari ke pangandaran naik grab tarifnya 250 ribu, tapi itupun kalo ada yang mau ngangkut. grab di banjar jumlahnya masih minim banget.

  • Sy skrang baru tiba di Pangandaran. Sy tadi pagi naik kereta dr Bdg dan turun di stasiun Banjar. Dr stasiun sy naik becak ke simpang Hegarsari Rp 20rb (tanpa nawar).

    Tarif bis Budiman ternyata skrang jadi 40rb/org. Jarak tempuh 1 jam 50 menit krn supir neleponan terus sambil ngerokok (walau bis AC) jd nyetirnya agak pelan.

    Setibanya di Terminal Pangandaran, bbrp tukang becak sdh bersiap di pintu bis menyambut para penumpang yg turun dr bis.

    Salah seorang menyapa sy dan ketika sy menyebutkan nama hotel sy yg berlokasi dekat dgn cagar alam, dia meminta harga Rp 40rb. Mahal amat!

    Akhirnya sy memutuskan utk pk Grab. Dan utk menghindari hal2 yg tdk diinginkan, sy jalan sekitar 100 meter ke luar terminal dekat toko Bata. Dan sy memesan motor Grab. Dan sy hanya dikenakan tarif Rp 1,000 (seribu) sampai ke hotel. Dengan harga promo tentunya😁.

    Sy bertanya kpd abang Grab bhw skrg di Pangandaran sdh ada Gojek sejak 7 bln yg lalu dan Grab baru ada 2 bln yg lalu. Dr hotel sy yg dekat cagar alam ini sy bisa ke resto Risma sekitar 1km cukup dgn naik Grab atau Gojek jg.

      • Betul bgt mbak😊. Skrg kita bs lbh dimudahkan soal transportasi di Pabgandaran dan Banjar. Sy bahkan sdh bisa pesen makanan pake Grabfood danGofood utk dianter langsung ke hotel sy dekat cagar alam.

        Wkt sy pulang, dr hotel ke terminal Pangandaran cukup naik Grab 1000 (harga diskon) trus naik bis odong2 byr 30rb sampe simpang hegarsari dlm waktu 1 jam 50 menit dan dr simpang hegarsari naik Grab lg 1000 ke stasiun Banjar.
        Jd semangat buat ke Pangandaran lg naik kereta..😁

  • Teh Arum, mau tanya, kalau kereta Api dari Bandung ke Banjar cuma ada kereta Api Serayu (Kiara condong-purwokerto). Bisa ga ya naik KA ini Dari st. Padalarang dan turun di St. Banjar?

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.