Arum Silviani
jaket musim dinginjaket musim dingin

Berburu Jaket Musim Dingin Branded di FO Mangga Dua Square

Jaket Musim Dingin Branded biasanya mahal, tapi ternyata kalau kita mau berburu di Factory Outlet Jakarta Mangga Dua Square banyak yang murah dan original. Artikel ini mengulas harga jaket musim dingin, merek jaket musim dingin, tips memilih jaket musim dingin berkualitas, tips menuju mangga dua square.

Kalau nulis tentang style, kayaknya sudah beberapa kali saya mengulas di blog ini. Namun sepertinya, baru kali ini saya bakal mereview hasil wisata belanja saya di Jakarta. Tepatnya belanjaan jaket musim dingin yang stylish dan branded di Mangga Dua Square. Sesekali boleh dong review yang cewek banget.

Pencarian Jaket Musim Dingin Wanita Berawal dari Sini

Jadi gini, insyaAllah saya ada niatan mau ke luar negeri. Mau nyobain e-paspor saya yang masih mulus itu ceritanya. Selain itu, memang saya lagi nyari tempat yang dingin karena di Jakarta panas mulu sih. Terus karena sekarang sudah bulan Oktober, which is sudah mau masuk winter, makanya mau nggak mau harus bekal jaket musim dingin kan, dari Indonesia. Karena fashion musim dingin nggak umum di Indonesia, maka nyarinya juga susah.

Sebenarnya susahnya bukan karena sulit didapat ya, tapi budget yang nggak masuk. Di mall banyak, tapi harganyaa…masa si gue harus jual ginjal buat beli baju doang?

Jangankan yang bermerek. Harga jaket musim dingin wanita yang nggak bermerek pun beneran nggak masuk di budget saya. Kalau lihat di mall tuh otak saya langsung ngitung, mahal cuyy…buat beli winter coat sebiji, bisa dapet tiket Jakarta-Makassar PP naik Garuda Indonesia. Helloww…mana rela traveler perhitungan kaya saya diginiin?

baca juga: Ingin tampil stylish, haruskah jadi budak trend?

Mangga Dua Square, Pusat Factory Outlet Jakarta

Singkat cerita, saya mencoba mencari factory outlet Jakarta. Tapi karena saya terlalu lama tinggal di Bandung, nggak ngerti kan letak itu FO dimana. Rata-rata Factory Outlet yang saya tahu ya di Bogor atau Bandung, itupun lokasinya terpisah antara satu dengan lainnya.

Saat rumpi di Grup Wasap, saya diajakin ke Mangga dua Square sama teman. Ya sudah ikut saja deh. Tadinya nggak berharap banyak karena…Mangga dua? Itukan tempat beli tas. Itukan tempat beli parfum kesturi. Itukan baju-baju kayak di tanah abang. Mana ada fashion musim dingin, apalagi yang branded?

jaket musim dingin
Fashion Musim Dingin Branded di Publicity FO

Helloww…ternyata setelah diubek-ubek tuh Mangga dua Square, apa yang kumau ada semua gengs! Banyak banget fashion musim dingin yang branded, keren, murah, dannnn…MADE IN INDONESIA.

jaket musim dingin
Pusat Fashion Musim Dingin Mangga Dua Square

Jadi jangan salah ya teman-teman, Mangga Dua Square. Bukan ITC Mangga Dua. Beda barangnya soalnya.

Di Mangga Dua Square ini ada Pusat Factory Outlet kayak Premier, Amira Factory Outlet, Fifth Avenue Jakarta, Raja FO, Publicity FO, DSE Factory Outlet, dan Chois FO.

Gudangnya Merek Jaket Musim Dingin Populer dan Original

Saya sempat ragu barangnya original atau KW. Karena meskipun traveler perhitungan, saya tuh paling ngga suka barang KW. Lebih baik saya pake merek lokal 100% Indonesia daripada merek terkenal tapi KW atau fake product. Bukan sok atau gimana, ya ngga suka saja gitu. Hati aja ORI masa baju fake?

jaket musim dingin
Pusat Fashion Musim Dingin Mangga Dua Square

Setelah saya ubek-ubek, ternyata banyak merek jaket musim dingin populer kayak Calvin Klein, Michael Kors, Forever 21, Zara, Lacoste, Adidas, Champion, Guess, Gucci, Manggo, Tommy Hilfiger, dll yang ada disini.

jaket musim dingin
Interior Superbazaar Factory Outlet Jakarta

Kenapa Fashion Musim Dingin Branded bisa murah?

Barang Branded tapi kok murah sih? Nah kalian juga pasti banyak bertanya-tanya kan. Kenapa bisa harganya miring begitu. Inilah alasannya:

Sisa Ekspor Made in Indonesia

Kata masnya, manajer FOnya kalau nggak salah, maaf lupa namanya. Barang yang dijual disini sisa ekspor gitu. Murah karena Made in Indonesia 😍😍😍. Padahal ya, made in Indonesia itu kualitasnya bagus loh. Saya pernah baca di artikel kalau 80% pakaian bermerek kelas dunia diproduksi di Indonesia. Sistem OEM (Original Equipment Manufacturer). Contoh saja Adidas. Brand asal Jerman ini menggunakan pabrikan asal Indonesia untuk menyuplai pasar Amerika dan Eropa. Sedangkan Adidas yang kita temui di Indonesia, justru yang buatan Vietnam kan, seringnya?

Jadi kalau di grade, factorynya Indonesia masih diatasnya Vietnam dan China. Makanya, biasanya Made in Indonesia lebih mahal. Karena memang kualitasnya jauh lebih bagus.

*saya juga baru tahu pas keliling FO kok. Baru membuktikan sendiri maksudnya. Kemarin cuma lihat dari teori di jurnal ilmiah saja, sebagai landasan buat ngajarin mahasiswa saya. Hahaha…lanjuut…

Tips Belanja Fashion Musim Dingin di Factory Outlet

By the way karena waktu terbatas, saya cuma ke 2 FO aja. Di Publicity sama Superbazaar. Publicity tuh buanyak banget barang brandednya. Saya fotoin aja lah ya. Kisaran harganya pun mulai dari Rp7000an, sampai ratusan ribu.

jaket musim dingin
Harga jaket musim dingin Forever 21
jaket musim dingin
jaket musim dingin forever 21

Jenis bajunya mulai dari pakaian dalam, kaos oblong, polo shirt, baju anak, koper, sweater, hoody, jeans, outdoor wear, dan lain sebagainya. Tinggal kita ubek-ubek aja.

jaket musim dingin
Harga jaket musim dingin Zara
jaket musim dingin
jaket musim dingin Zara

Tips: Jangan gampang menyerah mencari yang cocok buat kamu. Buka-buka saja dulu, pelan-pelan. Nanti kamu bakal nemu barang bagus dan harganya sangat terjangkau.

jaket musim dingin
Harga jaket musim dingin Calvin Klein
Jaket Musim Dingin Calvin Klein
Jaket Musim Dingin Calvin Klein

FYI: Disini barangnya beda sama di mall yang sudah tertata rapi. Kamu bahkan bisa nemu barang unik kalau mau buka-buka kolong keranjangnya (serius ini). Saya nemu jaket Adidas ORI buat teman saya, dengan harga 175 ribu saja. Very good quality. Original Made in Indonesia. Tapi…ada defect sedikit. Ada bercak kotor gitu di beberapa bagian. Ga apa-apa sih kalau menurut saya. Dicuci juga hilang.

jaket musim dingin
Agung dengan Hoody Adidas Di Publicity Factory Outlet Jakarta

Ada juga kaos Guess dan Burberry yang keren banget. Kamu bisa pakai untuk musim dingin karena bahannya hangat dan lembut. Enak dipakainya.

Harga jaket musim dingin Gucci Made in Italy
Harga fashion musim dingin Gucci Made in Italy

Merek dan Ukuran yang beragam

Kemarin ada yang tanya ke saya di DM instagram, ada ukuran besar nggak sih di FO Mangga Dua Square?

Ada beib. Ukurannya dimulai dari ukuran XXS sampai XXXXL. Saya aja yang susah dapat baju yang pas di toko (baca: kurus), bisa nemu jaket bulu yang paas banget di badan kayak gini. Harganya? Sekitar 400ribuan.

jaket musim dingin
jaket musim dingin beraksen bulu yang vintage

Tips Memilih Jaket Musim Dingin Terbaik Dan Stylish

  1. Perhatikan jenis bahannya. Kalian bisa lihat dari kelembutan, juga kehangatannya. Kalau bingung, kalian bisa perhatikan labelnya. Jaket Musim dingin tersebut terbuat dari bahan apa, dan sanggup menahan suhu hingga berapa derajat celcius. Saran saya, kalian bisa pilih yang berbahan woll atau bulu angsa. Ada juga yang berbahan dacron untuk lapisan dalamnya. Namun biasanya, bahan sintetis seperti ini agak kurang awet jika dibandingkan dengan bahan woll.
  2. Pastikan bagian luarnya waterproof (anti air). Saat musim dingin, salju bisa menerpa kita sedemikian rupa, bahkan bisa hujan tiba-tiba. Jadi kita harus menyiapkan jaket musim dingin yang dapat menahan air dan angin.
  3. Perhatikan risleting dan kancingnya. Pilih kancing dan risleting yang berkualitas tinggi dan nggak macet saat kalian buka dan tutup. Ingat, saat musim dingin kita butuh kehangatan ekstra. Nggak lucu kalau tiba-tiba jaket kalian nggak bisa ditutup karena risletingnya macet.
  4. Pilih bahan yang tidak mudah robek. Jaket musim dingin harganya tidak bisa dibilang murah, sehingga kita harus memilih bahan yang awet dan tidak mudah robek. Oleh karenanya, perhatikan betul kualitas bahannya ya.
  5. Pilih satu ukuran diatas ukuran kamu sebenarnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan space/ruang tambahan jika kita ingin mengenakan layer berupa sweater, hoody atau lainnya untuk menambah kehangatan tubuh.
  6. Sesuaikan dengan style kamu. Bagian ini saya masukkan paling akhir karena fashion musim dingin biasanya dipilih karena fungsinya dulu, baru stylenya. Nah, sebagai gambaran, jaket berbahan wool lebih banyak pilihan warnanya. Jadi kamu bisa eksplore aneka warna yang sesuai dengan kamu jika memilih jaket musim dingin berbahan ini. Kalau kamu suka sentuhan vintage, kamu bisa pilih jaket musim dingin dengan aksen bulu sintetis. Selain hangat, jaket berbahan bulu ini juga cantik untuk OOTD kamu. Jaket berbahan kulit akan sangat stylish dan awet juga versatile (nggak akan habis dimakan jaman). Tapi kalau kamu nggak begitu suka bahan kulit, kamu bisa coba bahan suede/beludru.

Baca juga: Panduan Memilih Fashion Outdoor untuk Mendaki Gunung

Cara Menuju Factory Outlet Jakarta Mangga Dua Square

Seperti yang sudah saya ulas di atas, saya hanya ke dua FO yaitu Publicity FO dan Superbazaar. Untuk menuju kesini, kalian bisa masuk dari Gate 3 Manggadua Square, terus cari saja JCO. Si Publicity FO di belakang JCO. Kalau Superbazaar ada di sebelah Carefour (bawahnya JCO). Biar nggak bingung, saya kasih foto depannya nih kayak gini.

jaket musim dingin
Publicity FO, Pusat Jaket Musim Dingin Bermerek
jaket musim dingin
Superbazaar Factory Outlet

FYI, karena rumah saya di kawasan BSD City, maka saya ke Mangga Dua naik KRL. Dari Stasiun Rawa Buntu menuju Tanah Abang, Transit di Stasiun Tanah Abang dan Pindah ke Jalur 3. Sambung KRL Tujuan Angke. Turun di Stasiun Kampung Bandan. Dari Kampung Bandan kalian bisa jalan kaki ke Mangga Dua Square.

Opsi lain adalah kalian bisa turun Stasiun Tanah Abang, terus sambung ojek online dengan arah Gate 3 Mangga Dua Square. Lebih cepat sih menurut saya. Nggak perlu nunggu kereta ke Angke yang lama ituh.

Kalau kalian dari arah Bogor, Depok, Pasar Minggu, kalian bisa naik KRL, turun di Stasiun Jayakarta. Dari situ bisa sambung Ojol.

Nah, kayaknya segitu dulu ya review saya tentang pusat factory outlet Jakarta yang ada di Mangga Dua Square. Lain kali saya bakal bahas review belanja saya lainnya. Terima kasih sudah membaca, semoga informasinya bermanfaat buat kalian semua.

 

Arum Silviani

Arum Silviani

Lecturer, Translator, Travel Blogger and Fulltime Traveler

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.