Saatnya Kembali ke Yogyakarta: Itinerary lengkap dua hari di Jogja – Hari Kedua

Saatnya Kembali ke Yogyakarta: Itinerary lengkap dua hari di Jogja – Hari Kedua

HARI KEDUA

Kalau postingan sebelumnya membahas Itinerary lengkap dua hari di Jogja untuk hari pertama, di postingan kali ini saya akan membahas itinerary lengkap jalan-jalan di Jogja pada  hari kedua. Kira-kira, kemana saja ya? Yuk simak ocehan saya berikut ini.

Setelah menutup malam dengan makan malam di Angkringan KR di hari sebelumnya, saya melanjutkan untuk berburu kuliner pagi di Pasar Legi Kotagede.

Baca juga: Itinerary Lengkap Dua Hari di Jogja-Hari Pertama

1.Menyantap Tongseng Pak Salam di Pasar Legi Kotagede

Pasar Gede Yogyakarta
Pasar Gede Yogyakarta

Kalau anda ke Pasar Legi Kotagede, tak ada salahnya mampir ke kios tongseng yang legendaris ini. Anda akan menikmati racikan tongseng ataupun sate dari tangan sepuh namun masih terampil memasak. Rasanya? Tentu saja menggoyang lidah dan membuat ngeces. Harga Rp20.000/porsi. Ulasan lengkapnya disini.

Baca juga: Ada Salam dari Pasar Legi Kotagede

2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg, Sumber: Vredeburg.id

Puas menikmati makanan di Pasar Legi Kotagede, anda bisa menikmati peninggalan sejarah di Benteng Vredeburg. Benteng ini terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Benteng Vredeburg menyajikan diorama sejarah Indonesia, dalam bentuk museum. Untuk dapat melihat isi museum di Benteng Vredeburg, anda cukup membayar Rp3000/orang.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta, Sumber: Nusantaranews.co

Belum ke Jogja rasanya jika belum berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Nikmatilah pagi anda di tempat ini, karena Keraton hanya buka sejak pukul 09.00-14.00 WIB. Tiket masuknya Rp7000/orang.

4. Tamansari Watercastle

Tamansari Watercastle
Tamansari Watercastle

Dahulu, Tamansari Watercastle adalah tempat pemandian para selir raja-raja Yogyakarta. Bangunan bersejarah ini masih terawat baik dan sangat cantik. Tiket masuk ke Tamansari Watercastle adalah Rp5000/orang.

Baca juga: Tamansari Watercastle dan sebuah cerita dari sang abdi dalem

5. Kampung Cyber

Kampung Cyber Yogyakarta
Kampung Cyber Yogyakarta

Jika anda sudah puas mengeksplore areal Tamansari Watercastle, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kampung Cyber yang masih termasuk kawasan RW Tamansari. Kampung ini adalah kampung percontohan dimana setiap warganya melek teknologi. Bahkan Mark Zuckerberg, sang pendiri facebook pernah berkunjung ke Kampung Cyber.

Mural di Kampung Cyber Yogyakarta
Mural di Kampung Cyber Yogyakarta

6. Masjid Sumur Gumuling

Masjid Sumur Gumuling
Masjid Sumur Gumuling

Orang mungkin hanya mengenal tempat ini dengan nama Masjid Bawah Tanah. Namun sebenarnya, nama masjid ini adalah Masjid Sumur Gumuling. Bangunan unik dan bersejarah yang dibangun di kawasan Tamansari oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1765. Masjid ini difungsikan hingga era pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono II.

Usianya sudah berabad-abad. Namun bangunan ini masih sangat gagah berdiri. Dengan konstruksi yang kokoh, ketebalan dinding mencapai 1,25 meter, dan batu batanya direkatkan dengan putih telur, tentu saja bangunan ini menyimpan keunikan dan pesona luar biasa.

Disebut Sumur Gumuling karena di tengah bangunan masjid terdapat sumur yang dikelilingi lima tangga. Kelima tangga tersebut melambangkan rukun islam yang lima. Tangga yang saling bertemu adalah tempat Imam memimpin shalat, dan dibawahnya itulah letak kolam air Sumur Gumuling.

7. Candi Sambisari

Candi Sambisari
Candi Sambisari

Candi ini terletak di jalan yang sejajar dengan Jalan Raya Prambanan. Biaya masuk ke Candi Sambisari adalah Rp5000/orang. Ulasan lengkapnya silakan dibaca disini.

Baca juga: Mengubur Kenangan di Candi Sambisari

8. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Kalau anda sudah puas menikmati peninggalan sejarah di Candi Sambisari, anda bisa bergeser sedikit ke Tebing Breksi. Tempat wisata Jogja yang hits dan menawarkan panorama menawan. Tidak ada harga tiket masuk pasti untuk menikmati Tebing Breksi. Ulasan lengkapnya bisa dibaca di postingan berikut:

Baca juga: 6 Tips & Trik Berkunjung ke Tebing Breksi Yogyakarta

9. Candi Ijo

Candi Ijo
Candi Ijo

Terletak kurang lebih 1 km dari Tebing Breksi, anda dapat merasakan sensasi berada di Candi tertinggi di Yogyakarta. Jalan ke Candi Ijo ini agak curam, namun sepadan dengan pemandangan yang disuguhkan. Anda hanya perlu membayar Rp5000/orang untuk dapat mengeksplore Candi Ijo. Ulasan lengkapnya bisa dibaca disini.

10. Makan malam di Gudeg Manggar Bu Tjondro

Kios Gudeg Manggar Bu Tjondro
Kios Gudeg Manggar Bu Tjondro

Kios Gudeg Manggar Bu Tjondro terletak di Jalan Bantul. Tak jauh dari lampu merah Jalan Bantul dan alun-alun kidul. Awalnya saya nggak niat makan disini. Tapi ternyata enak banget rasanya. Harga seporsi gudeg manggar dengan opor ayam kampung dan segelas Es Teh manis Rp32.000. Kalau dari skala 1-5, saya kasih rating bintang 5 plus-plus deh. Endeeess…

Kurang lebih itu jalan-jalan saya ke Yogyakarta. Semoga bisa bermanfaat ya buat bahan menyusun jadwal anda semua jika anda berkunjung ke Kota Gudeg ini. Jangan lupa baca dan kepoin terus rumah Arum buat dapat informasi atau tips jalan-jalan keliling Indonesia.

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.