Arum Silviani

Barang Ketinggalan di Kereta Api? Kemana Carinya?

Barang Ketinggalan di Kereta Api? Kemana Carinya?

Assalamualaikum Travelers, sebelumnya, meskipun agak terlambat, dengan tulus saya ucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin buat kalian semua ya. Baik buat pembaca setia blog ini, maupun yang baru saja kenalan dan mengetuk rumah Arum. Semoga selanjutnya tambah betah dan lebih sering lagi berkunjung ke rumah sederhana ini.

Masih dalam nuansa Idul Fitri, pastinya sekarang banyak diantara kalian yang lagi mudik Lebaran ya? Atau malah sudah menempuh arus balik, kembali ke Jakarta. Siap buat kembali beraktifitas. Berhubung diantara kalian ada yang request ke saya, kalau misalkan ketinggalan barang di kereta, gimana caranya? Maka saya posting artikel ini.

Barang Ketinggalan di Kereta Api? Kemana Carinya?
Berpose sambil menunggu kedatangan kereta api

Sebenarnya pengalaman ketinggalan barang di Kereta Api sudah pernah saya post disini:

Ketinggalan Barang di KA Argo Parahyangan Premium

Tapi buat mengingatkan kembali, juga pastinya karena musim lebaran itu stasiun dan kereta penuh sesak sehingga membuat kalian jadi kurang waspada, atau riweuh (ribet) karena banyaknya barang bawaan, boleh jadi ada saja yang tercecer. Ketinggalan di kereta.

Saat menyadari ada barang tertinggal

Oleh karena itu, langkah pertama ketika kalian tersadar ada barang yang ketinggalan di kereta api adalah:

  • Jangan panik.
  • Ketika sudah turun dari kereta dan kalian menyadari ada yang tertinggal, segera kembali ke gerbong tempat kalian duduk tadi. Lalu cari.
  • Jika tidak ada, segera tanya kepada petugas kebersihan on-board. Tanyakan baik-baik ke mereka, lalu jelaskan jenis barang yang tertinggal di kereta api.
  • Tanya kepada Polsuska, atau langsung saja datang ke kantor Polsuska di stasiun. Jelaskan barang yang tertinggal dan ciri-cirinya.

Tapi jika kalian sudah terlanjur keluar stasiun, lalu baru menyadari ada barang yang tertinggal, sebagian orang akan melapor ke counter lost and found di stasiun. Hanya saja…biasanya di tempat ini tuh penuh dengan antrian. Boleh jadi, saat tiba giliran kalian melapor, eh barangnya malah sudah hilang. Nggak ada.

Hubungi Security Stasiun

Maka saya menyarankan, lobby saja security stasiun yang menjaga gate masuk. Jelaskan bahwa ada barang kalian yang tertinggal, lalu tunjukkan boarding pass kalian pada mereka. Biasanya mereka akan memperbolehkan kita mencari ke gerbong kereta. Atau malah kita diantarkan ke gerbong kereta tempat kita meninggalkan barang tanpa sengaja tadi. Biasanya sih, barang tersebut masih ada (jika memang benar-benar tertinggal) bukan dicuri orang ya. Naudzubillah.

Lapor ke Call Center 121

Nah, sedangkan jika kalian baru menyadari barang yang tertinggal ketika sudah sampai rumah, maka tidak ada cara lain. Kalian harus melapor ke counter Lost and Found di Stasiun. Buat laporan kehilangan dengan memberikan ciri-ciri barang yang tertinggal tadi. Tenang saja, jika itu masih rejeki kita, insyaAllah nggak kemana. Tapi jika bukan rejeki kita lagi, insyaAllah diganti dengan yang lebih baik sama Allah SWT.

Tips % Trik agar barang tidak tertinggal di KAI:

Saran saya, supaya tidak ada barang yang tertinggal atau hilang, biasakan:

  • Karena dalam keadaan apapun, tetap saja ada tangan-tangan yang tak bertanggungjawab. Jangan bawa barang berharga terlalu banyak atau tidak dalam pengawasan kita. Karena meskipun ada CCTV, namanya pencuri itu lebih lihai.
  • Jika terpaksa harus ke toilet, jangan ragu dan malu untuk minta tolong tetangga sebelah, depan dan belakang, minta tolong untuk menjaga barang bawaan kalian. Tapi tetap ya, barang berharga lebih baik dibawa saja.
  • Sebisa mungkin, taruh barang bawaan tepat di kabin yang berada di atas seat kita. Jangan di seberang, atau di tempat yang jauh dari seat kita. Karena kemungkinan kita bisa lupa naruh barangnya dimana. Sedangkan barang berharga, kalau bisa letakkan di pangkuan kita.
  • Lebih aman sih nggak usah bawa terlalu banyak barang. Karena selain berisiko tertinggal di kereta, boleh jadi kita juga mengganggu kenyamanan penumpang lain. Inget lho yang selalu diumumkan di Kereta Api…”Anda memang membayar, tapi barang bawaan anda tidak.” Kalau mau banyak bawa barang, saran saya masukkan saja ke Kargo KAI. Aman dan murah kok.
  • Sebelum turun, periksa kembali barang bawaan kalian. Meskipun selalu diingatkan oleh pihak KAI melalui pengumuman dan pengeras suara, tetap saja kita sering khilaf dan tidak memeriksanya kembali. Cek satu persatu. Nggak usah terburu-buru untuk turun. Karena takkan lari gunung dikejar. Gojek banyak, Grab banyak. Jangan takut kehabisan. Hehe…

Nah, kira-kira itu tadi tips dan saran saya jika ada barang yang tertinggal di kereta. Semoga menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat buat teman-teman semuanya. Selamat menempuh arus balik, sehat dan berkah selalu.

Salam travelers.

3 comments

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.