Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh – Sabang

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang

Pesona nol kilometer Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Ada kebanggaan tersendiri jika kita berhasil menapaki wilayah terbarat Indonesia, Sabang. Dari Jakarta, ada dua cara menuju ke Sabang. Pertama adalah lewat udara dengan rute Jakarta-Medan, Medan-Sabang. Kedua adalah lewat laut dari Banda Aceh. Yang kedua ini adalah alternatif yang lebih murah ke Sabang. Dari Pelabuhan Ulee Lheue, kita dapat naik Kapal Fery Roro atau Kapal Cepat Express Bahari. Kapal tersebut akan mengantarkan kita ke Pelabuhan Balohan, Sabang.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Sore itu saya dan teman seperjalanan dari Jakarta tiba di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh. Di tangan kami sudah ada tiket Kapal Express Bahari, kelas Eksekutif. Kami menunggu sekitar 1 jam untuk check-in. Beberapa diantara kami menikmati kelapa muda, kopi, dan aneka jajanan yang tersedia di kios-kios pelabuhan.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Ruang tunggu di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Tiga puluh menit sebelum waktu keberangkatan, kami dipanggil untuk masuk ke ruang boarding. Kondisi ruang boarding agak pengap kalau menurut saya. Ditambah lagi penumpang yang tidak tertib. Tak jarang pula kita temukan penumpang yang tak mau antri. Jadi, anda harus ekstra sabar disini.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh

Cara Pemesanan dan Harga Tiket Kapal Cepat Express Bahari

Tiket kapal cepat dapat dibeli di counter tiket pelabuhan, atau melalui WA/sms ke nomor pemesanan berikut: 0853-72395213/0852-70065270.

Jika melalui WA, tuliskan tanggal keberangkatan dan nama calon penumpang. Setelah itu anda akan mendapat balasan kode booking dari nomor pemesanan. Kemudian pada hari keberangkatan, anda dapat check-in dan melakukan pembayaran di loket dengan menunjukkan kode booking yang telah diterima. Maksimal, anda sudah harus check-in 30 menit sebelum jam keberangkatan. Lebih baik datang awal, daripada berdesakan saat mengantre. Jangan sampai terlambat juga, karena kapal ini hanya beroperasi 2 kali sehari.

Jadwal keberangkatan Kapal bisa anda lihat pada Gambar di bawah ini.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Jadwal keberangkatan kapal cepat Aceh Sabang
Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Kapal Cepat Express Bahari

Kapal ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VIP dan Eksekutif. Harga tiket kelas VIP dibanderol Rp100.000/orang, dan kelas eksekutif Rp80.000/orang.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Tiket Kapal Cepat Express bahari

Informasi lengkapnya dapat anda lihat disini:

Harga tiket kapal cepat express bahari

Kabin Kelas Eksekutif

Di kelas eksekutif, tampilan kabinnya seperti di bawah ini.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Kelas Eksekutif Express Bahari
Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
di dalam kabin eksekutif

Terdapat 3 jajaran kursi. Pada sayap kanan terdiri atas 3 kursi, bagian tengah 4 kursi, dan sayap kiri 3 kursi. Silakan anda duduk sesuai dengan nomor kursi yang tertera pada tiket anda. Masuklah dengan tertib. Usahakan barang bawaan anda tidak banyak, dan letakkan di bawah kursi. Sebenarnya bisa juga barang anda ditumpuk di tempat barang yang terletak di belakang kabin. Tapi saya tidak merekomendasikan hal ini karena pada saat turun, barang anda biasanya sudah berantakan karena tidak tertibnya penumpang. Akan sulit mencari tas anda yang berada di tumpukan barang tersebut. Belum lagi risiko tas anda rusak, robek, atau hilang.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Kabin Kapal Express Bahari Banda Aceh Sabang

Kapal ini juga memiliki pintu depan, kanan, kiri, dan belakang. Ada juga dek di atas kapal. Namun sepertinya hanya digunakan untuk kelas VIP.

Di setiap kabin, terdapat toilet yang bersih. Dengan kloset duduk dan wastafel di dalamnya. Tampilannya kurang lebih sama dengan toilet Kereta Api Indonesia.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Pintu toilet kapal cepat express bahari

Waktu tempuh Banda Aceh-Sabang

Dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke pelabuhan Balohan Sabang dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Dengan catatan, jika cuaca sedang bagus. Berbeda halnya pada saat terjadi badai, gelombang tinggi, atau hujan deras. Maka waktu tempuh bisa lebih lama.

Penjual makanan di dalam kabin

Mungkin ini yang menjadi pekerjaan rumah pengelola pelabuhan. Banyak pedagang yang menjajakan makanan di dalam kapal. Padahal kapal tengah memuat penumpang dan barang bawaan. Hal ini tentunya mengganggu mobilitas penumpang yang sedang menata barang-barangnya. Alangkah baiknya pedagang ini ditertibkan seperti di Kereta Api Indonesia. Penumpang nyaman, perjalanan pun aman. Para pedagang ini dapat dikumpulkan di kios yang disediakan, sehingga penumpang dapat membeli makanan sebelum masuk ke dalam kapal.

Siapkan Obat Anti Mabuk

Jika anda sering mengalami mabuk laut, usahakan anda makan dulu sebelum naik ke dalam kapal. Setelahnya, minum obat anti mabuk 30 menit sebelum keberangkatan. Gelombang tinggi yang sering menerjang kapal saat berlayar tentunya menjadi tantangan tersendiri buat para “pemabuk” laut. Apalagi kondisi kapal yang seringkali penuh dan jendela yang tak bisa dibuka. Hal ini menyebabkan asupan oksigen berkurang, dan mudah memicu seasickness.

Akhirnya…setelah mengarungi Selat Malaka…sampai juga kami di Pelabuhan Balohan, Sabang.

Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh–Sabang
Pelabuhan Balohan Sabang

Tips & Trik

Tenangkan pikiran anda saat kapal mulai berlayar. Jangan bayangkan anda sedang di laut. Jika sedang terkena gelombang, anggap saja anda sedang melewati polisi tidur di jalan raya. *semoga tips ini membantu. Meskipun teman seperjalanan saya jackpot juga hehehe…

Demikian review dari saya. Semoga dapat membantu anda yang hendak mengeksplore “The Westernmost Point of Indonesia.”

Happy traveling.

Post terkait:

2 Replies to “Review Kapal Cepat Express Bahari Banda Aceh – Sabang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *