Tips Memilih Transportasi Murah saat Traveling

Tips Memilih Transportasi Murah saat Traveling

Selain hotel, biaya yang kita keluarkan ketika melakukan perjalanan bisnis maupun wisata sebagian besar tersita untuk transportasi. Tidak heran apabila banyak orang berusaha mencari tiket promo berharga murah dan terjangkau.

Rekomendasi tempat membeli tiket kereta api online

Jika ingin mencari promo tiket kereta online yang murah, tiket pesawat, maupun tiket bus yang terjangkau. Sebaiknya kunjungi saja toko online favoritmu. Saya pribadi merekomendasikan toko online Bukalapak. Karena menurut saya, toko online yang satu ini cukup sering memberikan penawaran menarik berupa voucher diskon maupun promo dan cash back. Kalau traveler cerdas biasanya kan kreatif cari promo, karena sangat membantu untuk menekan budget, tapi perjalanan tetap nyaman.

Agar kegiatan jalan-jalanmu tidak menyita terlalu banyak biaya, berikut beberapa tips memilih transportasi murah saat traveling yang bisa kamu coba untuk berhemat.

Cari tiket murah

Seperti yang saya sampaikan di atas, mau tidak mau jika ingin berhemat kita terpaksa harus mencari tiket kereta maupun tiket pesawat yang harganya murah dan terjangkau. Tapi kadang-kadang harga murah saja tidak cukup.

Jika ingin lebih hemat lagi, maka cobalah mencari tiket promo baik melalui online travel agent maupun toko online seperti Bukalapak. Khusus di Bukalapak, kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai ketersediaan promo dengan cara:

  1. Berlangganan newsletter
  2. Follow akun sosial media toko online seperti: Twitter, Instagram, Facebook, maupun Google Plus
  3. Kunjungi halaman promo. Contohnya https://www.bukalapak.com/promo

Pilih tujuan Bandara yang dekat

Alih-alih langsung terbang menuju ke destinasi wisata atau daerah yang ingin kamu tuju, saya sarankan kamu untuk memilih bandara yang paling dekat kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi berbiaya murah lainnya.

Dengan cara estafet, kamu bisa menekan biaya perjalanan. Misalnya, jika kamu ingin pergi ke Jogjakarta dari Kalimantan, kamu bisa memilih terbang menuju ke bandara Juanda di Surabaya.

Lalu, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta api ke Jogja. Harga tiket kereta api dari Surabaya ke Jogja terutama untuk kelas ekonomi tentu akan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan apabila kita memilih penerbangan langsung.

Naik kereta api

Khusus di pulau Jawa dan Sumatra kereta api adalah alternatif transportasi murah meriah yang nyaman dan aman. Harga tiket kereta online yang terjangkau merupakan alasan lain di samping tingkat ketepatan waktu yang sering dijadikan sebagai dalih untuk memilih kereta sebagai moda transportasi saat bepergian.

Tips Memilih Transportasi Murah saat Traveling
Stasiun Kereta Api

Saya sendiri pelanggan setia kereta api. Baik untuk kelas ekonomi maupun eksekutif. Sekarang kereta kelas ekonomi pun sudah sangat nyaman. Sebagai gambaran, teman-teman bisa lihat postingan saya berikut.

Review lengkap Argo Parahyangan Ekonomi

Sewa motor

Saat berwisata atau berkunjung ke daerah-daerah yang minim pilihan transportasi umumnya atau jarang terdapat angkot, maka menyewa sepeda motor bisa jadi cara terbaik untuk berhemat.

Tips Memilih Transportasi Murah saat Traveling
Sewa motor untuk eksplore tujuan wisata

Dengan menggunakan kendaraan roda dua, kita tidak akan sering terjebak macet, bisa mobile dengan lebih cepat, dan biaya sewa sepeda motor jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kendaraan roda empat.

Manfaatkan transportasi gratis

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, hingga Semarang terdapat bus wisata gratis yang bisa dimanfaatkan untuk bepergian saat liburan ke kota-kota besar tersebut.

Tips Memilih Transportasi Murah saat Traveling
Bus Si Kenang, Shuttle Gratis keliling Kota Semarang

Gunakan transportasi umum

Bepergian menggunakan kendaraan pribadi memang menyenangkan. Tapi tentu saja, jika kita berbicara soal biaya. Maka biaya menggunakan transportasi umum pasti jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya menggunakan kendaraan pribadi.

Hindari perjalanan yang memungkinkan kamu tiba di malam hari

Tiba di malam hari di suatu tempat bisa membuat kita jadi lebih boros karena transportasi di malam hari Biasanya jadi lebih minim dan pilihannya terbatas.

Kondisi ini sering kali dimanfaatkan oleh penyedia jasa transportasi untuk menaikkan tarif. Jika ingin berhemat, Usahakanlah agar kamu bisa tiba di destinasi pada siang hari.

Tempat beli tiket kereta yang murah

Tiket kereta murah, salah satunya bisa kamu dapatkan dengan membeli tiket kereta online menggunakan aplikasi berbasis Android maupun iOS. Salah satu toko online yang saya rekomendasikan adalah Bukalapak. Toko online yang satu ini, selain bisa membeli tiket kereta, sebenarnya tersedia juga tiket bus maupun tiket pesawat.

Tapi jangan lupa, kunjungi halaman promo terlebih dahulu sebelum membeli tiket untuk mencari tahu ketersediaan voucher belanja maupun diskon yang mungkin bisa saja kita manfaatkan untuk menekan harga tiket agar jadi lebih murah.

Semoga tips dan trik dari saya dalam memilih transportasi membantu teman-teman semua.

Post Terkait:

Bandung ke Bogor Naik Kereta Api? Caranya Gimana?

2 comments

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.