Arum Silviani

Bandung ke Bogor naik Kereta Api? Caranya Gimana?

Bandung ke Bogor naik Kereta Api? Caranya Gimana?

Hallo…kembali lagi di rumah Arum, rumah yang insyaAllah mengupas tentang info traveling, kuliner, dan gaya hidup yang Indonesia banget. Kali ini, saya bakal menepati janji saya di bulan-bulan yang telah lalu. #jiaaa udah kayak apa ya…Pokoknya ku tak akan mengingkari janji deh.

Nah, apakah janji saya?

Saya akan mengulas tentang perkereta-apian. Tepatnya bagaimana caranya jika anda menyambung dari kereta api jarak jauh ke jalur commuter line Jabodetabek. Pokoknya its all about public transportation. Mudah, murah, dan cepat.

Pertama yang harus anda lakukan adalah…Jika anda dari Bandung, anda pilih Kereta Argo Parahyangan dengan tujuan Stasiun Gambir.

Stasiun pemberhentian Argo Parahyangan sudah saya kupas tuntas di postingan berikut ini, silakan dibaca baik-baik, sampai selesai.

 Review Gerbong Kereta Ekonomi AC Argo Parahyangan

Tips dari saya: Supaya nggak berdesakan di Kereta Commuter akibat bentrok dengan jam pulang kerja, sebaiknya anda naik KAI Argo Parahyangan yang jam 6.30 (Eksekutif & Ekonomi) atau 8.35 (Semua kelas eksekutif).

Harga tiket Ekonomi AC Argo Parahyangan adalah 70 ribu rupiah (untuk kursi dengan seat 3-2 dan saling berhadapan), 80 ribu rupiah untuk kursi dengan seat 2-2 yang tidak saling berhadapan, 90 ribu rupiah untuk Argo Parahyangan Premium, dan kelas eksekutif dengan harga berkisar Rp100ribu-125ribu.

Update Harga Tiket Argo Parahyangan 2019:
Ekonomi: Rp100.000-Rp110.000
Premium: Rp110.000-Rp120.000
Eksekutif: Rp150.000-165.000

Ulasan lengkap bisa dibaca pada link di bawah ini:

Review Kereta Api Argo Parahyangan

Review Kereta Api Argo Parahyangan Premium

Setelah naik kereta Argo Parahyangan, nikmatilah perjalanan anda. Tapi jangan terlena ya. Ketika Kereta Api berhenti di stasiun Bekasi, disitulah sebaiknya anda mulai bersiap-siap. Setelah stasiun pemberhentian Bekasi, Kereta Api Argo Parahyangan akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Di Stasiun inilah anda turun.

Sudah turun di Stasiun Jatinegara, lalu kemana?

Ikuti petunjuk kemana pintu keluar KA Jarak Jauh. Keluarlah terlebih dahulu, kemudian anda masuk kembali ke Stasiun lewat pintu masuk. Disitu, anda bisa membeli tiket KCI (Kereta Commuter Indonesia) di loket dengan tujuan Bogor. Atau kalau anda sudah punya uang elektronik seperti e-money, flazz, brizzi, dll tapi belum pernah digunakan buat naik KCI, inilah saatnya anda gunakan. Sebelumnya, aktifasi dulu uang elektronik anda di tempat yang tersedia (biasanya alatnya kayak gini nih).

Alat Aktifasi Kartu/Uang Elektronik
Alat Aktifasi Kartu/Uang Elektronik

Selanjutnya anda tinggal masuk saja ke dalam stasiun dengan melakukan tapping kartu di pintu masuk.

Kartu E-money
Kartu E-money

Kita belajar Jalur Kereta Commuter Jabodetabek yuk. Lihat Gambar di bawah ini:

Rute Kereta Commuterline Jabodetabek
Rute Kereta Commuterline Jabodetabek, Sumber: Commuterline Indonesia

Tarifnya berapa?

Tarif Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk Jarak 25 kilometer pertama Rp 3.500, lalu tiap 10 kilometer tambah Rp 1.500. Jadi silakan hitung sendiri. Btw tarif bisa berubah sewaktu-waktu ya. Tapi percaya deh, nggak mahal kok.

Selanjutnya, setelah tiket sudah di tangan, ambil Jalur 2, dengan tujuan Stasiun Manggarai. Perjalanan dari Stasiun Jatinegara ke Stasiun Manggarai sekitar 4 menit. Atau hanya satu stasiun saja.

Di Stasiun Manggarai, anda pindah jalur ke Jalur 6. Tujuan Bogor. Di stasiun Manggarai ini anda nggak perlu ngetap kartu lagi ya. Nggak usah keluar stasiun juga. Tinggal teruskan saja naik kereta tujuan Bogor.

Setelah naik Kereta tujuan Bogor, anda bisa duduk manis (kalau masih ada tempat duduk), dan tenang saja, anda akan turun di stasiun pemberhentian terakhir. Perjalanan dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bogor kurang lebih ditempuh selama 1 jam 15 menit (ini kalau lancar ya), karena di jam-jam tertentu suka ada gangguan seperti nunggu kereta api jarak jauh lewat lebih dulu, nunggu simpangan dengan KCI lain, atau kalau anda apes, nunggu hujan reda.

Serius lho ini. Karena KCI itu dikendalikan dengan listrik, maka pada saat hujan badai KCI suka berhenti di tengah jalan. Entah karena sistemnya gangguan, atau terlalu berbahaya jika dilanjutkan berjalan. Tapi tenang saja, kejadian kayak gini nggak setiap hari kok.

Sampai di Stasiun Bogor, kemana?

Silakan anda eksplore Bogor, atau ke tempat tujuan anda. Kalau anda hendak meneruskan dengan transportasi publik, ojek online tersedia di Jl. Paledang. Anda bisa menyebrang lewat jembatan penyebrangan, lalu order saja di depan LAPAS Bogor. Saya nggak merekomendasikan anda naik angkot, karena saya nggak paham jalur angkot. Kalau anda pengennya naik angkot ya silakan.

Staycation Ala Koper, Ini dia Rekomendasi 4 Hotel Bintang 4 di Bogor

Nah, Itu tadi kan cara bagaimana Naik Kereta Api dari Bandung ke Bogor.

Sekarang bagaimana dengan perjalanan dari Bogor ke Bandung?

Sama kok gampangnya. Anda tinggal menempuh arus balik. Pertama anda ke Stasiun Kereta Commuterline Bogor. Ambil jurusan Bogor-Jakarta Kota. Biasanya kereta ini mangkal di Jalur 2 atau 3. Duduk cantik atau berdiri ganteng deh kurang lebih selama 1 jam 30 menit, lalu turun di Stasiun Gondangdia. Satu stasiun sebelum Stasiun Gambir.

Meskipun KCI relasi Bogor-Jakarta Kota ini melewati Stasiun Gambir, tapi kereta dalam kota tidak berhenti di stasiun tersebut. Langsung bablas saja.

Dari Stasiun Gondangdia, anda jalan dulu ke arah Taman Cut Meutia, atau di depan Rumah makan Sederhana. Dari situ bisa pesan ojek online. Jarak dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Gambir hanya sekitar 1,3 km. Atau bisa ditempuh sekitar 3 menitan dengan menggunakan ojek online (Rp5000-Rp6000) saja, tergantung jam berapa anda pesan. Kalau anda lagi santai dan nggak bawa barang berat, bisa sih jalan kaki. Palingan sekitar 13 menit juga sampai di Stasiun Gambir. Cuma kalau saya, suka nggak tahan dengan panas dan debunya Kota Jakarta J #alesan padahal males.

Lho, kenapa nggak langsung ke Jatinegara saja kayak berangkatnya?

Halo…sebaiknya anda baca di Postingan saya sebelumnya. Bahwa KA Argo Parahyangan yang berhenti di Jatinegara hanya yang dari arah Bandung saja. Sedangkan dari Jakarta ke Bandung, Pemberhentian hanya ada di Stasiun Bekasi, Purwakarta (hanya kereta tertentu saja), Cimahi, dan Bandung.

Kayaknya itu yang bisa saya sharing disini. Kalau ada yang masih bingung, bisa comment dibawah ya.

Silakan baca review lainnya:

Tips Memilih Transportasi Murah Saat Traveling

Review Kereta Argo Parahyangan Kelas Eksekutif Buatan PT Inka

Review Gerbong Eksekutif Kereta Api Lodaya

Perjalanan Bandung-Yogyakarta dengan Kereta Api Turangga

Perjalanan Bandung-Purwokerto bersama KA Serayu

73 comments

  • halo mba , makasih sebelumnya udah buat artikel ini, sangat membantu sekali^^, tapi aku masih kebingungan nih, soalnya pertama kali mau naik kereta api.. bandung ke bogor juga. terus bingung juga mending milih naik bus atau kereta api ya,kalo berkenan, mohon saran nya ya mba hehe thank u

    • Halo juga Meyu, naik kereta api gampang banget kok sekarang. Tinggal booking pake aplikasi online kaya traveloka, pegi-pegi, atau web KAI. Untuk kereta Commuter dari Manggarai ke Bogor juga aman dan petunjuknya jelas. Jadi nggak usah takut nyasar. Kalau bingung, tanya sama petugas aja. Pasti mereka helpful banget.

      Kalau mau naik bus ada juga MGI jurusan ke Bogor. Cuma nunggunya lamaa…dan macet pula di jalan.

  • Hi kak thanks reviewnya helpful bgt. Kalo ga punya emoney apa ttp bisa bayar cash? Apa harus punya buat tap kartu? Thanks

    • Halo Icha, makasih sudah main ke blog ini ya. Kalau mau naik KRL tapi nggak punya emoney tetep bisa kok bayar cash. Cuma nanti saat kita beli dan mengembalikan kartu tiket ke loket biasanya ngantri. Emoney atau uang elektronik tujuannya memang untuk memudahkan kita supaya nggak lama2 ngantrinya.

    • Kalau dari Bandung ke Cibinong sih lebih efisien naik Bus MGI, dari Terminal Leuwipanjang, Tujuan Cibinong. Kalau mau naik kereta, berarti naik Argo Parahyangan turun Jatinegara, sambung KRL ke arah Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai pindah jalur KRL yang ke arah Nambo. Turun di Stasiun Cibinong. Semoga membantu.

  • makasih banget ya… saya ikutin arahannya… dan luar biasa enak banget, semoga jadi amalan yang besar buat kaka

    • Jungle Land itu letaknya di Sentul. Kalau dari Bandung ke Jungle Land paling enak naik bus dari Leuwipanjang tujuan Leuwiliang. Turun di Mall Bellanova Sentul City. Dari situ naik Ojek Online aja ke Jungle Land.

      Sedangkan arah baliknya, harus ke Cibubur dulu untuk naik Travel Xtrans. Atau ke Bogor. Dari Mall Bellanova naik trans pakuan, turun di Botani Square. Dari situ bisa naik angkot ke arah BTM. Naik Lintas Travel Atau Sinar Travel, turun di BTC Pasteur.

      Naik kereta bisa juga, cuma agak ribet jalurnya. Semoga membantu.

  • Hy mba.. Mau tanya kalau dr manggari apa kita beli tiket lagi apa langung naim aj ke stasiun Bogor..
    Msh sdikit bingung

    • Nggak usah beli tiket lagi mbak. Belinya cukup di Stasiun Jatinegara saja, bilang ke petugasnya, mau beli tiket untuk tujuan stasiun Bogor. Jadi nanti dari Jatinegara naik KRL turun di Manggarai, terus pindah jalur ke KRL tujuan Bogor. Nggak ada tapping kartu tiket lagi.

  • Mau tanya kak, kalau dari bogor-garut kan gaada bus nya ya? Nah kalau misalkan mau naik bus tapi di terminal yang deket deket stasiun krl gitu, di mana ya? Dan harga naik bus nya biasanya berapa?

    • Hallo Rivaldi, dari Bogor ke Garut bisa naik Bus Karunia Bakti. Tapi nunggunya di perempatan Ciawi, nggak di terminal Bogor. Karena Bus tersebut dari Kampung Rambutan.

      Pilihan lain itu nyambung, Dari Stasiun Bogor naik gojek/ojol dulu ke Terminal Baranangsiang. Dari situ naik bus ke Bandung. Baru sambung ke Garut.

  • KRL Bekasi ke Bogor nggak ada. Paling efisien memang turun di jatinegara, lalu ke manggarai baru ke bogor. Rute lengkapnya bisa dilihat jalur Commuterline yang saya tampilkan di atas.

    • Hallo Galih, kalau ke little venice lebih baik naik Bus dari Bandung. Bisa pilih yang lewat tol, turun di Terminal Baranangsiang. Dari situ paling sambung naik Bus ke Ciawi. Atau naik ojol lgsg ke little venice.

      Atau dari terminal Leuwipanjang cari bus ke Bogor via Puncak. Turun di kawasan little venice.

  • Kak aku mau nanya, jadi kesimpulannya dari Bandung ke Bogor tuh kita naik kereta 2 kali ya?
    1. Dari bandung-st. Jati negara
    2. St. Jati negara-bogor
    Atau kita harus turun dl di stasiun manggarai dan pindah kereta lagi?
    Aku masih ga paham ka, maaf 🙁

    • Halo Yudit, kalau dari Bandung ke Bogor naik keretanya 3 kali.
      1. Naik argo parahyangan Bandung-Stasiun Jatinegara.
      2. Sambung KRL Stasiun Jatinegara-Stasiun Manggarai (4 menit).
      3. Stasiun Manggarai-Stasiun Bogor (-/+ 1 jam 15 menit).
      Semoga membantu. Feel free kalo masih belum jelas dan tanya lagi ya. Happy traveling

  • terima kasih ya, sangat bermanfaat, krn saya baru pindahan ke bogor nih. saudara2 ku banyak di bandung ‘saya akan banyak mondar-dir. trims

  • Kak kan itu dari bandung naik argo parahyangan tujuan gambir terus turun di jatinegara nah dari jatinegara langsung ke bogor beli tiket lagi atau gimana ya? (Kalau beli tiket dari bandung nya langsung di loket gak booking di aplikasi)

    • Turun stasiun Jatinegara keluar dulu, abis itu masuk lagi. Beli tiket KRL tujuan bogor di stasiun Jatinegara. Dari Stasiun Jatinegara, naik KRL, turun di Stasiun Manggarai. Abis itu pindah jalur, naik KRL tujuan Bogor. Kalo bingung, minta tolong petugas stasiun aja biar diarahin harus nunggu keretanya di jalur berapa.

  • Assallamualaikum embak, saya suka plng bandung bogor pake tol , cuma masalahnya sekarang bandung bogor sampai berjam jam malahan kemaren saya dari jam 3.30 sore sampai ke bogor jam 11.30 malam, mau minta sarannya saya baru pertama kali pake kreta api, ada ga yang langsung ke bogor,

    • Waalaikumsalam Pak Agus, kalau dari Bandung ke Bogor atau sebaliknya, nggak ada kereta yang langsung. Harus menyambung dengan KRL Jakarta-Bogor. Detail cara untuk naik kereta dari Bandung ke Bogor dan sebaliknya sudah saya jelaskan rinci di artikel ini. Silakan dilihat kembali ya

  • Hallo ka, aku mu tanya kalo naik kereta api dri bandung ke jatinegara nya pake serayu bisa ga? Atau harus argo parahyangan?

  • Mba terima kasih artikelnya sangat bermanfaat mohon bantuan informasinya :
    saya dari airport bandung tujun bogor katulampa sebaiknya naik apa? bus atau kereta?dan masing2 jarak tempuh berapa lama? mohon info nama bus/kereta ? dan detail lainnya makasih mba

    • Saran saya kalau mau ke Bendungan Katulampa Lebih baik naik shuttle travel aja mbak. Naik Lintas Shuttle dari BTC Bandung Pasteur tujuan BTM Bogor. Bisa beli tiketnya online di tiketux.com.
      Dari BTM Bogor lanjut gojek/grab ke bendungan Katulampa.

  • Hi Arum,
    Kalo dari stasiun Tanjung Barat adakah perbedaan kereta dari Bogor yg menuju ke Jakarta Pusat dan ke Tanah Abang?
    Terima kasih

    • Halo,
      Kalau tempat nunggunya sama, bentuk keretanya juga sama. Tapi biasanya kita dikasih tahu kok sama operator stasiun itu kereta menuju Tanah Abang atau Jakarta Kota. Ada tulisan digital juga di stasiun yang ngasih tahu secara realtime kereta yang datang tujuan mana.

  • Hallo kak, aku mau tanya jadwal keberangkatan kereta dari gambir – bandung biasanya ditentukan ga waktunya ?

    • Hallo Elani,

      Kereta Gambir Bandung selalu bisa dilihat jadwalnya. Kamu bisa cek web kai.id atau aplikasi kai access yang bisa kamu install dari apstore atau playstore.

      Biasanya tiap 1 jam sekali ada keberangkatan kereta dari Gambir ke Bandung. Di saat peak season, pihak kereta api indonesia juga suka menyediakan kereta tambahan.

      Semoga membantu ya.

  • Kak, saya kan mau ke sentul tp ingin naik kereta karena takut macet dan turun di st. Bogor itu ke sentul nya jauh ya? Apa sebaiknya naik bus/travel saja?

        • Ahaha fenomena bus hantu ya. Tenang aja ada 2 shuttle travel dari Bogor Trade Mall (BTM) ke Bandung. lintas travel (dulunya Cipaganti). Harga tiket 120.000/orang. beli tiketnya bisa di tiketux.com

          Atau Sinar Travel di BTM juga. Poolnya sebelahan sama Lintas Travel. Biasanya harganya 110.000/orang. Kalo yang ini blm bisa beli online. Harus telpon ke poolnya. Nomor telponnya googling aja ya.

          Kedua travel ini di Bandung poolnya sebelahan juga. Di Bandung Trade Center Pasteur.

          Harga sekitar

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.