fasilitas stasiun Banjar

Review Stasiun Banjar yang mendadak ngehits karena Kereta Api Pangandaran

artikel ini membahas tentang Fasilitas Stasiun Banjar, loket penjualan tiket, pelayanan kesehatan, pemeriksaan tiket, tempat parkir, dan pangkalan becak yang ada di stasiun banjar.

Sebagai efek dari dibukanya relasi kereta api Gambir-Banjar, tentunya membuat stasiun kecil yang biasanya damai dan sepi ini menjadi mendadak ngehits. Betapa tidak, biasanya hanya beberapa kereta yang singgah dalam sehari. Namun kini, penumpang dari Jakarta, Bandung, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya “menyerbu” kota Banjar. Kali ini saya mau cerita Fasilitas Stasiun Banjar ke teman-teman semua.

Cerita sebelumnya tentang review kereta api Pangandaran sudah saya tuliskan disini.

Baca juga:

Berkenalan dengan Stasiun Banjar

fasilitas stasiun Banjar
Stasiun Banjar

Stasiun Banjar adalah stasiun kereta api kelas I yang terletak di Hegarsari, Pataruman, kota Banjar. Stasiun ini masuk ke dalam DAOP II Bandung dan menjadi stasiun aktif.

Fasilitas Stasiun Banjar

fasilitas stasiun Banjar
Tampak depan Stasiun Banjar

Meskipun kecil, stasiun Banjar memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Disini terdapat toilet umum yang bersih, musholla, tempat kargo, ruang tunggu, tempat untuk charge HP, dan pos layanan kesehatan gratis untuk penumpang yang memiliki tiket.

fasilitas stasiun Banjar
Pos Layanan Kesehatan Stasiun Banjar
fasilitas stasiun Banjar
Lahan Parkir di Stasiun Banjar

Disamping itu, di Stasiun Banjar juga tersedia lahan parkir yang cukup memadai, meskipun belum diaspal sempurna (masih pasir berbatu). Hal ini yang menyebabkan ruang tunggu stasiun banyak dipenuhi pasir.

fasilitas stasiun Banjar
Kondisi ruang tunggu Stasiun Banjar

Loket Penjualan tiket

fasilitas stasiun Banjar
Loket Penjualan Tiket Kereta di Stasiun Banjar

Karena stasiun kecil, disini hanya ada satu orang yang melayani pembelian tiket penumpang di loket. Hari itu saya lihat petugas nyaris kewalahan menghadapi penumpang yang membludak. Mereka hendak naik kereta Pangandaran menuju Bandung.

fasilitas stasiun Banjar
Petugas Keamanan Stasiun Banjar yang sabar melayani

ATM Center

Gerai ATM yang tersedia di Stasiun Banjar hanya BNI. Namun demikian ATM ini sudah memiliki fasilitas link, sehingga anda pemilik ATM berlogo Visa dapat menarik uang di ATM ini.

fasilitas stasiun Banjar
ATM di Stasiun Banjar

Check in online

Di Stasiun Banjar juga terdapat mesin check in online. Pemeriksaan tiket juga dilakukan ketat, dengan dibubuhi Cap/stampel “telah diperiksa” pada tiket oleh petugas.

fasilitas stasiun Banjar
Check in Online

Transportasi dari Stasiun Banjar ke Pusat Kota

Banjar Patroman adalah kota kecil. Jarak antara pusat kota dengan Stasiun Banjar hanya sekitar 500 meter saja. Transportasi juga masih cukup sulit kalau menurut saya. Ada Angper (angkutan perdesaan) yang lewatnya sangat jarang, bus ¾ yang jarang juga, dan becak (cukup banyak).

Tidak ada taksi konvensional di kota ini. Namun tersedia ojek dan taksi online Grab, dalam jumlah yang masih sangat terbatas. Belum ada Gojek di Banjar.

fasilitas stasiun Banjar
Becak yang siap mengantar anda

Semoga dengan makin ramainya pengunjung, maka pelayanan di Stasiun Banjar semakin ditingkatkan. Saat ini menurut saya sudah cukup baik, namun saya rasa belum bisa menampung penumpang dalam jumlah besar.

Saya sendiri sempat berdesakan saat antri untuk boarding. Karena antrian untuk boarding penumpang berbenturan dengan antrian penumpang yang hendak membeli tiket di loket.

fasilitas stasiun Banjar
Penumpang kereta api

Sekedar masukan dari saya, mungkin manajemen antrian perlu diterapkan disini. Dengan mengubah layout loket dan antrian masuk, saya rasa bisa memudahkan petugas untuk memeriksa tiket dan melayani penumpang dengan lebih maksimal. Begitupula penumpang yang tak harus berdesakan saat hendak naik kereta.

Salam traveling.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.