Arum Silviani

7 Tips Mengelola Keuangan untuk Millenials

Selamat datang kembali di Rumah Arum, kali ini bahasannya boleh lah ya agar melebar sedikit. Tentang hal yang lebih serius yaitu…keuangan. Tips mengelola keuangan tepatnya.

Karena gaya hidup millenials ini banyak yang bilang rawan kebobolan, alias besar pasak daripada tiang. Berikut adalah tips mengelola keuangan ala millenials.

  1. Bikin post anggaran yang jelas. Cobalah buat anggaran yang rinci untuk tempat tinggal, makan, kesehatan, entertainment, dan transportasi.
  2. Tidak usah malu pakai transportasi umum. Selain praktis, kamu bisa ngirit uang bensin dan parkir.
  3. Masak sendiri. Post terbesar pengeluaran adalah dari makanan. Dengan masak, kamu bisa lebih berhemat, dan lebih sehat juga.
  4. Kurangi nongkrong di kafe. Memang sih, sebagai millenial kita perlu bergaul. Tapi jangan keseringan nongkrong di kafe. Beneran bisa menguras kantong kamu tanpa terasa.
  5. Beli tumbler dan isi dengan air putih sendiri. Keuntungan lain kamu punya tumbler sendiri adalah jika kamu membeli minuman dengan tumbler tersebut, seringkali ada diskon untukmu.
  6. Beli dan pakai produk lokal. Buat kamu yang fashionable, nggak ada salahnya kamu membeli dan menggunakan produk lokal untuk outfitmu. Sekarang produk lokal itu bagus-bagus dan berkualitas kok. Nggak kalah sama brand luar.
  7. Gunakan gadget sesuai kebutuhan (fungsionalnya). Nggak usah ngikutin trend gadget, karena pertumbuhannya cepat sekali.

Mengelola keuangan tidak susah kan sebenarnya? tapi perlu disiplin yang tinggi. Awalnya mungkin sulit, tapi lama-kelamaan kamu pasti bisa kok.

Selamat mencoba!

Post terkait:

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.