6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan

Salah satu alasan orang bertandang ke Bandung yaitu karena kecantikan alamnya. Tak pelak lagi, Bandung adalah bagian dari tanah Pasundan. Suatu tempat di bumi yang konon diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum. Masyarakat Sunda kuno meyakini bahwa roh para leluhur dan para dewa menghuni tempat yang luhur (Bahasa Indonesia: Tinggi). Oleh karenanya, Pasundan disebut juga sebagai Bumi Parahyangan. Yang artinya, tempat dimana para hyang bersemayam. Sedangkan saya lebih percaya, alam ciptaan Tuhan itu tak punya cela. Semua sempurna, tergantung bagaimana kita menjaga dan merawatnya.

Seperti sebuah tempat yang saya kunjungi bersama sahabat beberapa sahabat minggu lalu. Pangalengan. Suatu dataran tinggi di Bandung Selatan yang kini makin populer di kalangan para fotografer. Meskipun demikian, traveler awam kayak saya sih lebih suka nyari Spot Foto yang cakep. Spot dimana kita bisa ambil gambar buat dipajang di Instagram.

So, dimana saja sih Spot foto cantik itu? Here we go!

6.  Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh memang tak pernah gagal menyuguhkan pemandangan serta panorama yang menawan. Perkebunan ini terletak di areal Cukul Pangalengan, tepatnya di jalan menuju Sunrise Point Cukul.

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Perkebunan Teh Malabar. Photo by: Yudi Risdianto

Where to take photo:

Anda bisa berjalan di tengah-tengah kebun teh. Sedangkan fotografer bisa mengambil angle dari atas atau dari bawah. Tergantung kontur tanah. Memang sih fotografernya harus handal dan nggak tremor yaa hahaha…thanks for Mas Yudi yang selalu sabar motret kami.

5.  Di Tepian Cukul Pangalengan

Tempat ini yang paling nggak butuh effort buat ambil gambar. Cukup dengan pencahayaan alami dan no edit, sudah jadi bagus gini.

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Iin di tepian Cukul Pangalengan. Photo by: Arum Silviani

Where to take photo:

Tepat berada di pinggir jalan, atau di dekat parkiran menuju Sunrise point Cukul. Foto ini diambil pada sore hari, sekitar jam 3 sore, saat matahari sudah melangkah menuju peraduannya.

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Inda, Iin, dan Wina di tepian Cukul Pangalengan. Photo by: Arum Silviani

4.  Jembatan Cinta Situ Cileunca

Cerita lengkap mengenai asal-usul Jembatan Cinta Situ Cileunca sudah pernah saya posting tahun lalu.

Baca juga: Asal-usul Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
di tengah jembatan cinta Situ Cileunca. Photo by: Bhekti Lestari

Where to take photo:

Jika anda masuk lewat DAM (pintu masuk waduk). Anda akan melihat jembatan merah memanjang di tengah Situ (Danau). Berjalanlah hingga anda berada di tengah jembatan, lalu anda bisa berpose seperti ini.

3.  Rumah Ibu Pengabdi Setan

Sebelumnya, tempat ini bukanlah tempat wisata. Hanya rumah bergaya kolonial bekas rumah dinas karyawan PTPN VIII yang mengurus Perkebunan Teh Malabar. Di sekitarnya terdapat perumahan warga, perkebunan sayur, hutan pinus, dan kantor PTPN VIII.

Semenjak dijadikan setting film pengabdi setan, rumah ini menjadi populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari Bandung atau dari kota lain. Tak hanya “bereksperimen” dengan aura mistisnya, tujuan utama tentu saja, berfoto!

Where to take photo:

Tempat yang paling instagramable itu menurut saya di “kamar ibu”. Nuansa mistisnya bisa tertangkap kamera lho. Anda bisa dapat foto kayak gini.

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Di Kamar Ibu. Photo By: Riesa

Tempat kedua yang instagramable adalah di depan rumah yang dijadikan cover film Pengabdi Setan. Disini nih tempatnya:

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Di Depan Rumah Cover Film Pengabdi Setan. Photo by: Yudi Risdianto

Kelihatannya menyeramkan, ya? Padahal ini adalah tempat parkir pengunjung lho. Jadi anda nggak usah takut untuk berpose.

2.  Perkebunan Areal Cukul Pangalengan

Tempatnya memang agak “minggir” dari Puncak Sunrise Cukul. Kalau anda melihat jalan keluar Cukul, jangan lalui jalan itu. Tapi ambil arah dekat tempat parkir menuju perkebunan teh. Agak lama berjalan, anda akan menemukan tempat ini:

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Berlatar belakang Rumah Jerman yang misterius.Photo by: Yudi Risdianto

Where to take photo:

Ada semacam rumah pohon disitu. Anda bisa duduk di atasnya, bergaya sedikit, lalu fotografer agak naik ke kebun teh. Hasilnya, anda akan mendapatkan foto menawan ini. Berlatar belakang Cukul Pangalengan yang indah dan bayangan pepohonan di kejernihan air danau. Selain itu, Rumah Jerman di belakang sana juga menambah cantik background foto anda.

1. Sunrise Point Cukul

Naahh…buat saya, disinilah tempat terindahnya! Sunrise Point Cukul. Meskipun anda harus berangkat sejak subuh hari, dimana hawa dingin menusuk (saat saya kesana suhu 11 derajat celcius), gelap dan melalui jalan tanah berbatu. Namun semua terbayarkan saat melihat kesempurnaan matahari terbit di balik perbukitan.

Sebenarnya setiap sudut di Sunrise Point Cukul ini instagramable. Ada beberapa alat atau tempat selfie buatan, tapi saya nggak tertarik sama sekali. Kalah pesona deh sama keindahan alam aslinya.

6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan
Sunrise Point Cukul Pangalengan. Photo by: Yudi Risdianto

Where to take photo:

Sudut favorit saya itu di undakan paling bawah Sunrise Point. Fotografer dapat mengambil gambar dengan fokus pemandangan dan arah matahari terbit. Memang sih agak-agak pengorbanan alas kaki kita kotor banget saat kita menuju ke spot ini. Apalagi jika musim hujan tiba. Tapi dijamin nggak nyesel deh. Tempat ini mampu menggeser keindahan sunrise di tempat favorit saya, Amed Bali. Terlalu sempurna untuk ditangkap oleh kamera, karena tak ada lensa yang mampu mewakilkan betapa sempurnanya mata kita.

Itulah tadi 6 Spot Foto Instagramable di Pangalengan versi Rumah Arum. Menarik kan? Anda bisa mencobanya jika bertandang ke Pangalengan.

Oh iya, sebagian besar foto yang saya pajang disini adalah hasil jepretan Mas Yudi Risdianto. Thanks a lot Mas Yud yang selalu sabar dan maksimal memotret kami. Semoga masih mau mengabadikan moment post wedding saya nanti (ups).

Postingan terkait:

Asal-usul Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan

September Ceria di Cukul Pangalengan

Rinai hujan mendayu di Cukul Pangalengan

1 comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.