Bandung ke Serpong Naik Kereta Api? Bagaimana Caranya?

Bandung ke Serpong Naik Kereta Api

Kalau sebelumnya saya nulis tentang review kereta api Argo Parahyangan dan Cara dari Bandung ke Bogor naik Kereta Api, sekarang saya coba deh mengulas perjalanan pulang saya di postingan ini.

Rumah saya di kawasan BSD (Bumi Serpong Damai) Tangerang Selatan. Dulu, jaman-jaman jalan tol masih normal dan masuk akal, perjalanan Bandung-Serpong paling lama saya tempuh selama 3 jam naik travel. Bahkan kalau musim liburan menjelang idul fitri, dari Dipatiukur ke BSD bisa ditempuh hanya sekitar 1,5 jam saja.

Tapiii….

Itu dulu. Saat jaman masih normal saya bilang juga. Sekarang jaman sudah nggak normal lagi. Bandung-Serpong atau sebaliknya, paling cepet ya ditempuh selama 5 jam. Itu paling cepet ya. Normalnya bisa 7-8 jam lewat Cipularang. Macetnya nggak masuk akal. That’s Crazy!

So, saya lupakan itu yang namanya shuttle travel. Karena selain menyiksa tubuh, ngabisin energi, bikin capek hati juga. Saya pun beralih ke Kereta Api.

Memang sih, perjalanan boleh dibilang lebih panjang dan merepotkan katanya. Tapi buat saya sang pecinta kepastian, saya lebih suka repot daripada macet. Because I love every journey that I take, but I hate traffic jam so much.

Yuk kita langsung saja bahas bagaimana perjalanan Bandung ke Serpong naik Kereta Api versi saya.

Dari Bandung, kita ambil kereta api Argo Parahyangan tujuan Stasiun Gambir. Detail tentang bagaimana cara memesan, tips memilih kursi Kereta Api Argo Parahyangan Ekonomi, review Argo Parahyangan eksekutif, sudah saya tuliskan pada link di bawah ini. Silakan dibaca dulu ya…

Cara memesan tiket Kereta Api Argo Parahyangan

Pemandangan dari KA Argo Parahyangan
Pemandangan dari KA Argo Parahyangan

Lalu…

Buat anda yang mau ke arah serpong dan melanjutkan dengan Kereta Commuterline (kereta lokal Jabodetabek), anda bisa turun di Stasiun Jatinegara. Seperti yang sudah saya ulas pada postingan sebelumnya, Kereta Argo Parahyangan dari Bandung ke Gambir akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta (jam tertentu), Bekasi, Jatinegara dan Gambir.

Review Gerbong Kereta Ekonomi AC Argo Parahyangan

Di Stasiun Jatinegara, anda harus keluar dulu melalui pintu keluar penumpang kereta jarak jauh, lalu masuk lagi ke stasiun lewat pintu masuk Commuterline. Siapkan kartu/uang elektronik anda, yang penjelasannya sudah saya tuliskan disini.

Bandung ke Bogor Naik Kereta Api? Caranya Gimana?

Jika anda tidak mempunyai kartu/uang elektronik, anda bisa membeli tiket kereta Commuterline di vending machine, atau ke loket penjualan tiket. Sebutkan tujuan anda (Stasiun Serpong). Kalau saya, berhubung rumah saya di kawasan BSD, maka saya biasanya turun di Stasiun Rawabuntu.

Jika uang elektronik anda belum pernah digunakan untuk naik kereta Commuterline, maka aktifkan dulu kartu anda dengan tapping di mesin ini.

Bandung ke Serpong Naik Kereta Api
Alat Aktifasi Kartu/Uang Elektronik

Selanjutnya, anda tapping kartu/tiket/uang elektronik anda di gate, lalu masuk. Tunggulah di jalur 2, naik kereta Commuterline tujuan stasiun Manggarai. Perjalanan dari stasiun Jatinegara ke Stasiun Manggarai hanya sekitar 4 menit saja (Jarak Satu stasiun). Setelah sampai di Stasiun Manggarai, jangan keluar stasiun. Tunggulah kereta tujuan Tanah Abang-Duri-Angke. Turun di Stasiun Tanah Abang. Waktu tempuh dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Tanah Abang sekitar 15 menit saja.

Setelah tiba di Stasiun Tanah Abang, anda pindah jalur ke Jalur 5 atau 6. Biasanya, jalur 5 ini adalah kereta Commuterline tujuan Serpong dan Parung Panjang. Sedangkan jalur 6 biasanya adalah kereta Commuterline dengan tujuan akhir Rangkasbitung atau Maja. Anda bebas memilih kedua kereta tersebut. Mana saja yang duluan datang. Karena jika hendak ke Serpong, kedua jalur tersebut berhenti di stasiun Serpong maupun Rawabuntu.

Kalau saya sendiri lebih suka naik kereta di jalur 5, karena biasanya kereta tujuan akhir Serpong nggak sepenuh kereta tujuan Rangkasbitung atau Maja.

Next, anda tinggal pilih mau naik kereta yang anda sukai (jalur 5 atau 6) lalu turun di Stasiun Serpong/Rawabuntu.

Stasiun pemberhentiannya bisa dilihat disini ya. Silakan dipelajari.

Bandung ke Serpong Naik Kereta Api
Rute Kereta Commuterline Jabodetabek, Sumber: Commuterline Indonesia

Opsi Lain:

Kalau saya lagi malas naik/pindah jalur kereta Commuterline, maka saya turun di Stasiun Gambir. Keluar lewat pintu selatan, menunggu di pintu keluar (sebelah kantor polisi) atau di belakang Halte Trans Jakarta Gambir 2. Setelahnya, pesan ojek online dengan tujuan Stasiun Tanah Abang.

Di Stasiun Tanah Abang, bisa langsung menuju Jalur 5 atau 6, dengan tujuan Rawabuntu atau Serpong.

Nah, tadi kan sudah dibahas ya bagaimana caranya dari Bandung ke Serpong naik Kereta Api. Sekarang arah sebaliknya.

Serpong ke Bandung naik kereta api

Jika anda hendak ke Bandung dengan Kereta Api, dari Serpong start di Stasiun Serpong. Kalau saya sih di Stasiun Rawabuntu biasanya. Naik KRL tujuan Tanah Abang. Perjalanan dari Stasiun Serpong ke Stasiun Tanah Abang ditempuh sekitar 45 menit, dan tarif KRL Rp3000/orang.

Setelahnya, anda turun di Stasiun Tanah Abang, lalu sambung ojek online ke Stasiun Gambir. Untuk bisa naik ojek online biasanya anda harus jalan kaki dulu ke Gedung Bareskrim Polri di Jl. Taman Jatibaru. Jalan kaki sekitar 2 menitan lah ya. Kalau yang nunggu di depan stasiun dan menawarkan jasa ojek, itu adalah ojek pangkalan.

Sebagai bahan perbandingan, dari Stasiun Tanah Abang ke Gambir dengan menggunakan ojek online, anda akan dikenakan tarif sekitar 5-8 ribu rupiah. Tergantung jam sibuk/tidak. Sedangkan jika naik ojek pangkalan (konvensional) anda akan dikenakan tarif Rp20.000 sekali jalan. Padahal jarak dari stasiun Tanah Abang ke Stasiun Gambir hanya sekitar 3,4 km saja, atau dapat ditempuh sekitar 5-10 menit saja dari Stasiun Tanah Abang.

Saya sih prefer jalan kaki dulu ke Bareskrim Polri. Fans Ojol soalnya. Karena selain murah, pelayanannya juga oke.

Nah, itu tadi kira-kira penjelasan saya kalau anda hendak bepergian dari Bandung ke Serpong atau sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat. Kalau masih bingung, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar yes.

Happy traveling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *