Arum Silviani
Nol Kilometer Yogyakarta

Review Transportasi dari Bandung ke Jogja, Paling Enak Naik Apa?

Pertanyaan ini paling sering mendarat di DM saya, baik itu di IG, maupun Whatsapp. Karena biar bagaimanapun, Jogja masih jadi vavorit para pelancong. Baik yang mau backpackeran, staycation, atau liburan ala Sultan. Kali ini saya mau sharing ke kalian, transportasi dari Bandung ke Jogja yang paling nyaman menurut versi saya.

Paling nyaman disini termasuk dari segi waktu, tenaga, dan biaya ya guys. Lagi-lagi, semuanya menurut pendapat saya pribadi, yang boleh jadi berbeda dengan pengalaman kalian.

Bus dari Bandung ke Jogja

Perjalanan dari Bandung ke Jogja menggunakan Bus ditempuh kurang lebih 9-10 jam. Itu estimasi ya. Bisa kurang dari itu, atau bisa lebih juga sih kalau macet.

Beberapa bus yang saya kenal dari dulu adalah Budiman, Sugeng Rahayu, dan Bandung Express. Ketiga bus tersebut merupakan bus Patas AC dengan seat 2-2.

Bus Sugeng Rahayu transportasi dari Bandung ke Jogja
Bus Sugeng Rahayu
transportasi dari Bandung ke Jogja Bandung Express
Bus Bandung Express

Sugeng Rahayu dan Bandung Express bisa kalian pesan lewat redbus atau aplikasi online travel lainnya. Kecuali bus Budiman.

Biasanya kalau mau naik Bus Budiman, kita harus go-show ke terminal, lalu bayar di atas bus. Atau bisa juga beli di Agen resminya. Bus Budiman ini paling vavorit di kalangan traveler Jawa Barat. Pelayanannya paling oke sih kalau menurut saya.

Keberangkatannya tepat waktu, nggak berhenti seenaknya di Jalan (ada beberapa bus yang masih angkut penumpang di tengah jalan), lalu dikasih makan 1 kali juga.

transportasi dari Bandung ke Jogja Bus Budiman
Bus Budiman Bandung – Yogya

Testimoni saat naik Bus Budiman

Saya pernah naik Budiman, tapi saat beristirahat di salah satu rest area, saya nggak merasa lapar. Jadi saya nggak turun makan. Eh, ternyata sama kondekturnya saya dibawain makanan dan minuman dong. Beneran dibungkusin. Katanya ini sudah jatah saya, karena saya nggak makan di rest area. Amanah banget kan?

Bus Budiman dari Bandung ke Jogja berangkat dari Terminal Cicaheum. Ada keberangkatan Pagi dan Malam hari. Bus ini melewati jalur Selatan.

Itu artinya kalian akan lewat jalur Cileunyi-Tasikmalaya-Banjar-Majenang-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta. Turunnya di terminal Giwangan. Tapi semisal, kalian sudah hafal jalan lalu turun sebelum terminal Giwangan juga bisa.

Harga sekitar Rp145.000-180.000an (kalau belum berubah).

Kekurangan Naik Bus

Yang saya nggak suka dalam perjalanan ini adalah, jalur selatan itu sangat berkelok. Terutama di daerah Lumbir. Mirip kelok ampek puluh ampek Padang-Bukittinggi.

Buat kalian traveler pemula yang baru naik bus, harus siap-siap Antimo deh. Karena jalur tersebut seringkali bikin mual dan menyiksa.

Lalu, kalau busnya kecepetan sampai Yogyakarta, risiko lagi deh. Masih gelap sudah sampai terminal, tentu saja bukan pilihan yang bagus buat traveler, terutama traveler cewek yang sendirian. Bahaya mengintai.

Jadi kalau kalian cewek dan mau Solo traveling, saya nggak rekomen kalian naik Bus dari Bandung ke Jogja. Kalaupun terpaksa naik bus, lebih baik pilih yang keberangkatan pagi hari dari Bandung.

Bandung ke Jogja Naik Kereta Api

Saya sudah sering menuliskan Bandung ke Jogja Naik Kereta api. Kalian bisa lihat tulisannya disini.

Kalau kalian mau naik kereta api dari Bandung ke Jogja, kalian bisa naik dari Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong. Dengan waktu tempuh sekitar 6 – 7,5 jam. Tergantung kereta yang kalian pilih.

Harga sekitar Rp190.000 – 470.000. Tergantung keretanya. Saya sih rekomen ke kalian naik Kereta Lodaya. Ada kelas ekonomi premium dan eksekutif. Kereta ini tarifnya paling murah, karena tujuan akhirnya adalah Solo. Sedangkan kereta lainnya adalah Malabar (tujuan Malang), Turangga dan Argo Wilis (Tujuan Surabaya).

FYI, harga tiket kereta itu menyesuaikan dengan tujuan terjauhnya ya guys. Jadi misalkan kalian dari Bandung mau ke Jogja, naik Turangga. Ya kalian akan disesuaikan dengan tiket Bandung-Surabaya. Paling pengurangannya sedikit. Begitu.

Baca juga:

Bandung ke Jogja Naik Pesawat

Ini dia jalur vavorit saya. Naik pesawat dari Bandung ke Jogja.

Tapi…ITU DULU! Saat bandara Yogyakarta masih di Adi Sucipto. Bandung ke Jogja hanya ditempuh dengan waktu 1 jam 10 menit saja pakai Wings Air. Ya anggaplah dengan check in dll jadi 2 jam gitu.

Dari Adi Sucipto ke Pusat Kota Yogyakarta paling lama 30 menit naik taksi, atau bisa naik Trans Jogja sekitar 1 jam lebih dikit lah. Tarif taksi sekitar 50 ribu, tarif Trans Jogja 3500 perak. Harga tiket pesawat memang lumayan mahal, sekitar 1,6 juta PP. Tapi sebanding dengan waktunya.

Sekarang?

Naik Pesawat dari Bandung ke Jogja adalah pilihan termahal, terlama, dan paling tidak efisien.

Semenjak bandara Yogya pindah ke YIA di Kulonprogo, saya sih merasanya waktu dan uang yang terbuang banyak sekali ya.

baca juga: Review KA Ciremai Semarang-Bandung

Pilihan Transportasi Lokal dari Bandara YIA ke Pusat Kota Yogyakarta beserta biayanya

Dari Bandara YIA Kulonprogo ke Malioboro 48km. Kalau naik Gocar atau Grab Car Sekitar Rp215 ribu, dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit.

Naik kereta bandara Rp20 ribu, tapi waktu keberangkatannya 2,5 jam sekali.

Lalu ada Damri, YIA – Terminal Condong Catur, dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit, dan tarif Rp65.000.

Tiket pesawat Bandung-YIA = Rp 1,5 juta sekali jalan

Go car: Rp215.000

Total Rp 1,7 jutaan sekali jalan. Dengan waktu tempuh + Check in dll sekitar 4 jam lah ya.

Bandingkan dengan kereta yang bisa ditempuh antara 6-7,5 jam saja tanpa harus naik turun. Lebih efisien mana menurut kalian?

Review

Kalau naik pesawat untuk keperluan bisnis, harga tidak masalah. Tapi waktu jadi masalah juga.

Dulu saya memilih naik pesawat Bandung ke Jogja pagi. Supaya jam 9 pagi sudah bisa kerja di Jogja. Sekarang, pilihan pesawatnya terbatas. Keberangkatan Paling Pagi di jam 09.10 WIB.

Kalau kalian belum vaksin booster, lalu dari yogyakarta mau ke Bandung, this is another nightmare. Test Antigen harus di klinik yang sudah ditentukan oleh maskapai, which is itu tempatnya di daerah Bandara Adi Sucipto sonoan lagi. Udah mau nyampe Prambanan deh.

Dari tempat test Antigen ke Bandara YIA sekitar 59 km. Dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 50 menit. Atau naik go car sekitar 250 ribuan lah ya…

Ya…kalian bisa hitung sendiri berapa biayanya.

Transportasi dari Bandung ke Jogja: Pilihan terbaik buat Solo Traveler Cewek

Semenjak Bandara Yogyakarta dipindahkan dari Adi Sucipto ke YIA, transportasi dari Bandung ke Jogja yang terbaik menurut saya adalah Kereta api.

Pertama, kalau misalkan kalian terpaksa naik kereta malam, biasanya jam 1 atau jam 3.30 AM kita sudah sampai di Jogja. Masih malam, kan? Tapi kalian nggak usah khawatir. Kita bisa nunggu di stasiun hingga pagi datang.

Tempat duduknya nyaman, ada colokan buat nge-charge hp atau laptop. Ada kamar mandi yang nyaman juga buat kita. Dan yang paling utama, Aman buat traveler cewek yang mau Solo traveling.

Ibaratnya, kalian bakal dijagain lah sama Polsuska. Apalagi kalau kalian infokan ke mereka, bahwa kalian sendirian. Pasti dijagain, insyaAllah.

Kedua, paling efisien di waktu dan biaya. Waktu tempuhnya sebentar, beda tipis lah dengan kita naik pesawat. Tapi harganya beda banyak.

Untuk saat ini sih paling vavorit buat saya ya naik Kereta Api. Murah, efisien di waktu, dan tenaga tentu saja. Kita bisa lebih santai menikmati perjalanan. Tinggal naik kereta, duduk manis, sampai deh di tengah kota. Aman juga.

Mungkin ke depan, naik pesawat ke Jogja akan nyaman lagi, setelah transportasi publiknya dibenahi. *Pengabdi Transportasi Publik soalnya.

Semoga review ini membantu.

Arum Silviani

Lecturer, Travel Blogger and Founder of Antasena Projects

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.