Mengenal Maison Bogerijen, Restaurant Legendaris di sisi Jalan Utama Braga

Mengenal Maison Bogerijen, Restaurant Legendaris di sisi Jalan Utama Braga

Suatu sore, seorang teman bertanya pada saya lewat pesan singkat.

“Rum, gue mau ke Bandung nih ntar sore. Tempat nongkrong yang enak dimana ya?”  

Saya jawab, “Braga Permai.”

Teman saya pun membalas pesan saya sambil mengomel. “Lu yang bener aja. Gue nanya tempat ke elu buat nongkrong sama makan. Bukan mau main ke perumahan!”

As always. Pikir saya. Sudah kesekian kalinya saya kena protes seperti itu dari teman-teman yang berada di luar Bandung. When I told them about Braga Permai, they always think that Braga Permai is one of real estate in Bandung. So, melalui tulisan ini, saya perjelas deh ya buat teman-teman yang berada di luar Bandung, Kalau Braga Permai itu bukan nama perumahan lho…melainkan nama restaurant legendaris di Bandung. Pada masanya, restaurant ini pernah menjadi restaurant paling elit se-Bandung. Tempat berkumpulnya para petinggi Londo dan kaum kelas atas Bandung.

Baca juga: Warung Kopi Purnama, Warung Kopi Legendaris di Jalan Alkateri

Maison Bogerijen Sebelum Pindah Ke Jalan Braga. Sumber: Bragapermai.com
Maison Bogerijen Sebelum Pindah Ke Jalan Braga. Sumber: Bragapermai.com

Nama asli dari restaurant ini adalah Maison Bogerijn. Didirikan pada tahun 1918 oleh L. van Bogerijn. Maison dalam bahasa Perancis berarti Rumah, dan Bogerijn diambil dari nama pendirinya. Awalnya restaurant elit ini berada di sisi timur Jalan Braga (Bragaweg) dan Oude Hospitalweg (Jalan Lembong). Namun pada tahun 1923, restaurant ini berpindah tempat ke Braga Permai di Bragaweg (Jalan Braga), dengan mempertahankan desain seperti bangunan sebelumnya.

Baca juga: Sepenggal Kisah dari Bandung Tempo Dulu

Maison Bogerijen, Jalan Braga
Maison Bogerijen, Jalan Braga. Sumber: Bragapermai.com

Di atas bangunan, tertulis “Maison Bogerijen”. Pada sisi kanan terdapat tulisan Patissier dan Glasier. Sedangkan di sisi kirinya tertulis Cuisinier dan Confiseur. Semuanya menggunakan bahasa Perancis. Patissier berarti kue-kue, Glacier berarti es krim, Confiseur artinya kudapan manis, dan Cuisinier artinya hidangan utama. Menu-menu tersebut merupakan makanan Perancis, sebagai simbol dari Bandung Paris van Java.

Nah, sejenak kita mengenang masa lalu yuk. Saat-saat dimana Maison Bogerijen baru berdiri, kesibukan para kokinya di dapur, dan Maison Bogerijen saat sudah menjadi Braga Permai.

Penjualan di Maison Bogerijen, 1918-1923
Penjualan di Maison Bogerijen, 1918-1923. Sumber: bragapermai.com
Masa Pembangunan Maison Bogerijen
Masa Pembangunan Maison Bogerijen. Sumber: bragapermai.com

Kesibukan Koki di Maison Bogerijen
Kesibukan Koki di Maison Bogerijen, Sumber: bragapermai.com
Jalan Braga Tempo Dulu
Jalan Braga Tempo Dulu. Sumber: Bandung Tempo Dulu

Meskipun namanya kini berubah menjadi Braga Permai, hingga saat ini pengelola Braga Permai tetap mempertahankan resep dalam menyajikan makanan khas Maison Bogerijen. Menu-menu Pastries spesialnya seperti Ananas Geap, Speculaas Almond, Tompoesjes, Booterstaf dan Ontbijkoek tetap tersaji di buku menu dan siap dihidangkan jika kita memesannya. Selain itu, Braga Permai juga mempertahankan 6 varian rasa es krim legendarisnya. Rasanya? Jangan ditanya. Sangat lezat tentunya. Masih sangat otentik dan konon, tak berubah rasanya sejak Maison Bogerijen pertama kali didirikan.

Menu di Braga Permai
Menu di Braga Permai

Buat saya dan sahabat-sahabat saya di Bandung, Braga Permai atau Maison Bogerijen ini menjadi salah satu tempat vavorit kami. Pertama, kami bisa menikmati makanan legendaris dengan rasa yang lezat. Kedua, kita bisa menikmati sajian legendarisnya, dan yang ketiga, kita bisa merasakan nostalgia masa lalu di dalamnya sambil mendengarkan alunan live music yang syahdu. Duh, susah sih diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi saya pecinta oldiest, juga aneka benda, masakan, bangunan, dan musik yang kekunoan.

Seperti sore itu, manakala kami baru selesai menyusuri Bandung Tempo Dulu. Setelah terpesona dengan peninggalan bangunan indah jaman kolonial di Jalan Banceuy, Jalan ABC, Jalan Alkateri, Jalan Tamim, Jalan Asia Afrika, dan Jalan Otto Iskandar Dinata, kami pun menepi di Braga Permai. Kami datang tanpa reservasi sebelumnya. Untunglah, masih ada meja yang tersedia buat kami berlima.

Baca juga: Terpenjara Pesona Presiden Pertama RI di Loji Banceuy

With my Bestfriends Bhekti & Mbak Deasy
With my Bestfriends Bhekti & Mbak Deasy in Maison Bogerijen
Berlima di Braga Permai
Berlima di Braga Permai

Di meja outdoor, banyak kaum ekspatriat sedang menikmati sore sambil makan kudapan khas Braga Permai. Namun demikian, jangan khawatir buat anda yang tak begitu cocok dengan lidah Londo. Saat ini, selain menu-menu legendaris, Braga Permai juga menyediakan menu masakan Indonesia. Semua menu tersebut disajikan dalam porsi yang lumayan besar. Worth it sesuai dengan harganya. Ini dia yang kami pesan:

Makanan Pembuka di Maison Bogerijen
Makanan Pembuka di Maison Bogerijen (yang ini gratis lhoo)
Zupa-zupa Soup ala Braga Permai
Zupa-zupa Soup ala Braga Permai
Lasagna ala Braga Permai
Lasagna ala Braga Permai
Ifu Mie ala Braga Permai
Ifu Mie ala Braga Permai
Teh Poci ala Braga Permai
Teh Poci ala Londo di Braga Permai.
Panacotta ala Braga Permai
Panacotta ala Braga Permai
Kopi Tubruk Ala Braga Permai
Kopi Tubruk Ala Braga Permai
Lemon Tea ala Braga Permai
Lemon Tea ala Braga Permai

Review Rasa:

Semuanya enaaak…porsinya pun besar dan mengenyangkan. Harganya cukup mahal memang, tapi masih terjangkau. Saya lupa harga per itemnya, tapi kami berlima menghabiskan sekitar Rp287.000 sudah termasuk PPN 10%. Yes, meskipun pelayanan disini oke, tapi kita hanya dikenai pajak 10% saja.

Anyway…buat anda yang muslim, ketika anda berkunjung kesini nggak usah takut bakal ketinggalan shalat. Di lantai dua, tersedia tempat shalat yang cukup besar dan nyaman, dilengkapi dengan sajadah dan mukena yang wangi.

Braga Permai, Highly recommended when you visiting Bandung.

Baca juga:

Itenerary Eksplore Kota Bandung Gratisan (1)

Itenerary Eksplore Kota Bandung Gratisan (2)

Itenerary Eksplore Kota Bandung Gratisan (Edisi Museum)

Review Kereta Argo Parahyangan Kelas Eksekutif Buatan PT Inka

Staycation, Pilihan Liburan Asyik buat Traveler sibuk dan budget terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *