Arum Silviani
Pemandangan di rooftop Blue Ocean Hotel Trip Labuan Bajo

Cerita Trip Labuan Bajo: Transportasi, Penginapan, dan Tempat Makan

Halo penghuni rumah Arum, kali ini sahabat Arum Bhekti Lestari, akan menceritakan pengalamannya saat Trip Labuan Bajo Flores, beberapa waktu lalu. Mulai dari transportasi, penginapan, dan tempat makan di Labuan Bajo. Yuk kita simak, siapa tahu bisa jadi panduan teman-teman sekalian jika ingin berkunjung ke Flores, khususnya Labuan Bajo.

By: Bhekti Lestari, training instructor at Antasena Edu Projects

Transportasi dari Bandara Udara Internasional Komodo ke Labuan Bajo

Desember 2022 kembali lagi ke Labuan Bajo membuat saya terkagum-kagum, sudah banyak sekali perubahan di tempat ini. Tatanan kota yang lebih rapi, hotel-hotel yang lebih banyak dan bagus serta kondisi yang lebih ramai. Sangat berbeda jauh kondisinya dengan bulan Mei 2016, saat saya berkunjung untuk pertama kalinya.

Mendarat di Bandara Udara Internasional Komodo, saya dan rekan seperjalanan menggunakan jasa taksi bandara ke hotel dekat pantai.  Tarif taksi dari bandara ke hotel dengan jarak kurang lebih 3km adalah Rp. 70.000

Counter jasa taksi terletak di sebelah kanan sebelum pintu keluar. Jadi kalian jangan ragu untuk langsung merapat ke counter. FYI, di Labuan Bajo belum ada jasa taksi online. Sehingga daripada nanti di luar banyak tawaran taksi gelap yang tidak pasti armada dan harganya, lebih baik kalian menggunakan taksi resmi bandara.

Baca juga: Kupang dan Warna Warni Nusa Cendana

Penginapan di Labuan Bajo

Setelah 10 menit perjalanan, akhirnya kami sampai di depan hotel.  Hotel tempat kami menginap adalah Blue Ocean Hotel. Tarif per malam melalui aplikasi Agoda adalah Rp. 330.000. 

Letak hotel berada di lantai 2, jadi kami harus melalui tangga untuk sampai ke lobby hotel. Buat kalian yang bawa banyak barang, tak perlu khawatir. Barang bawaan kita akan dibantu dibawakan oleh staf hotel. 

baca juga: Pengalaman menginap di On the Rock Hotel Kupang

Sesampainya di resepsionis, saya menyelesaikan administrasi check in dan diberikan kunci kamar.  Begitu masuk kamar, seger banget. Sejuknya AC sudah menyambut, kamar besar, kamar mandi bersih, dan ada balkonnya juga. 

Hotel Blue Ocean saat Trip Labuan Bajo
Kamar di Blue Ocean Hotel

Kamar yang kami pilih adalah kamar dengan view jalan raya. Ada juga kamar dengan view laut, namun demikian harganya lebih mahal. Kalian tinggal pilih sesuai budget yang ditetapkan.

Buat kamar dengan view jalan, jangan khawatir, kita bisa menikmati view laut dari rooftop, menikmati sunset dan breakfast dengan aktifitas di laut dan sekitarnya. Kurang lebih seperti ini pemandangannya:

Pemandangan di rooftop Blue Ocean Hotel Trip Labuan Bajo
View dari Rooftop Blue Ocean Hotel Labuan Bajo

Makan Seafood di Kampung Ujung

Trip Labuan Bajo kami lanjutkan dengan Wisata Kuliner ke Kampung Ujung Labuan Bajo. Ya, kami kesini untuk makan malam. Sebelum berangkat staf hotel mewanti-wanti “Ditanya dulu harganya ya Kak sebelum pesan.” 

Jarak dari Blue Ocean Hotel ke Wisata Kuliner Kampung Ujung kurang lebih 700 meter. Atau dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit.  

Sesampainya di tempat makan, mata langsung segar. Di tempat itu warung-warung berjajar dan menjajakan aneka jenis seafood. Terdapat berbagai jenis ikan, lobster, udang, cumi, kerang, dan kepiting. 

Ikan laut warna warni di Kampung Ujung
Ikan Di Kampung Ujung

Baca juga: Se’i Ikan Khas Kupang, Nusa Tenggara Timur

Kalau kalian berminat, kalian bisa menanyakan harganya ke setiap warung. Hal ini demi mendapatkan harga sesuai budget. Namun demikian, saat itu kami mencari tempat yang kosong saja. tak lupa, kami mengikuti pesan dari staf hotel. Menanyakan harga sebelum membeli.

Ternyata harga seafood disini lumayan juga. Ikan kakak tua harganya 100.000 per ekor, Lobster 200.000 per ekor, Kerang 50.000 per porsi, Udang 100.000 per 3 ekor, Cumi 150.000 per 3-5 ekor. 

Menu Seafood di Kampung Ujung Labuan Bajo
Seafood di Kampung Ujung

Berhubung porsi dari masing-masing menu cukup banyak, kami memesan ikan bakar, cumi saos padang, cah kangkung, nasi, dan minum. Total harganya Rp. 462.000 itu sudah termasuk Ppn 10%, jadi jika memesan disini siapkan pembayaran Ppn 10%. FYI, kami berempat yang makan disini. Jadi kurang lebih, satu orang menghabiskan Rp 115.000.

Bersambung….Desa Waerebo.

Add comment

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.